Meditasi Bermanfaat Untuk Kesehatan Otak

Jumat, 15 Februari 2013

Ilustrasi/Salah Satu Gaya Meditasi

Berdasarkan banyak penelitian, seperti yang dirangkum dari New Epoch Weekly, meditasi lewat budaya timurnya terbukti memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan otak. Bahkan, demi membuktikan hal tersebut, sebagian besar sekolah dasar dan menengah di negara Barat mulai rajin mempraktikkan latihan ini.

Sama halnya menurut Yi-Tang Yuan dan Michael Posner, dua ilmuwan yang fokus mengamati penyakit mental, mengungkapkan bahwa berlatih meditasi selama 11 jam, bahkan untuk pemula, terbukti membantu memberikan efek positif pada otak.

"Perubahan fisik yang mencolok menunjukkan bahwa meditasi jangka pendek dapat meningkatkan pengendalian diri, suasana hati (mood), stres dan kekebalan," kata Posner, seorang profesor emeritus dari University of Oregon, Eugene, seperti yang dilansir dari newsmaxhealth.

Dalam penelitiannya tersebut, mereka melibatkan 68 mahasiswa Dalian University of Technology, Cina, yang direkrut secara acak. Disini peserta melakukan teknik meditasi IBMT, yang melibatkan konsentrasi terfokus, atau kelompok latihan relaksasi. Menariknya, tak satu pun dari siswa pernah melakukan meditasi sebelumnya. Para siswa bermeditasi sekitar setengah jam sehari, selama sebulan.

Selain melibatkan mahasiswa, penelitian juga menggunakan cara lainnya, yaitu melalui teknologi pemindai otak yang canggih. Lewat cara ini, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang melakukan meditasi dalam jangka panjang, bagian otak yang khusus mengendalikan kemampuan konsentrasi serta ketajaman indera perasa pada tubuhnya akan tumbuh menjadi semakin kuat secara signifikan.

Para peneliti dari California University, Los Angeles, ini juga mendapati volume bagian otak yang mengatur konsentrasi dan emosi dari orang yang melakukan meditasi akan menjadi lebih besar. Tak hanya itu saja, meditasi juga membuat substansi abu-abu pada otak besarnya menjadi lebih banyak, sehingga membantu meningkatkan IQ seseorang.

Yang lebih menariknya lagi, manfaat meditasi bisa dirasakan oleh siapa saja dan usia berapa pun, hingga ke lapisan korteks paling dalam. Korteks adalah sebuah bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengatur tingkat kesadaran, perhatian, memori dan pengambilan keputusan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera manfaatkan meditasi untuk meningkatkan kemampuan otak Anda! (bk.1)