Limusin Anti-Peluru Rp20 M Jaga Obama saat Mudik ke Kenya

Rabu, 29 Juli 2015

NAIROBI, Beritaklik.Com - Mobil limusin anti-peluru senilai USD1,5 juta atau sekira Rp20 miliar menjadi pelindung Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ketika mudik ke Kenya, negara asal ayah kandungnya. Mobil limusin untuk melindungi Obama dari ancaman Al-Shabab itu dijuluki "The Beast". Kunjungan Obama ke Kenya berlangsung dua hari mulai Jumat hingga Sabtu 25 Juli 2015.

Mobil semahal itu dibuat dengan pelat baja setebal delapan inci. Kacanya juga antipeluru setebal lima inci. Sedangkan ban mobil merupakan ban Kevlar. Tak hanya itu, di bagasi mobil mewah tersebut terdapat pasokan darah khusus untuk Presiden AS untuk mengantisipasi hal-hal terburuk.

Pengamanan Obama juga diperkuat dengan helikopter. Kunjungan Obama ke Kenya sejatinya untuk menghadiri pertemuan internasional "Global Entrepreneurship Summit" tahunan. Namun, Obama meluangkan waktu untuk melepas kangen dengan anggota keluarga aslinya di Kenya.

Sejak dijadwalkan berkunjung ke Kenya, Kedutaan Besar AS telah memperingatkan kemungkinan ancaman serangan teroris. Kelompok Al-Shabab yang berbasis di Somalia menjadi kelompok yang diwaspadai karena kelompok itu pernah melakukan serangan mematikan di Nairobi.

"Presiden Amerika adalah target bernilai tinggi sehingga serangan, atau bahkan upaya (pembunuhan) mungkin meningkat dari Al-Shabab," kata Richard Tutah, seorang ahli keamanan dan terorisme di Nairobi kepada AFP, yang dilansir Minggu (26/7/2015).

Presiden Kenya, Uhuru Kenyatta, telah mempersiapkan sambutan untuk kunjungan Obama. Menurut pejabat keamanan Kenya, yang berbicara dalam kondisi anonim menyatakan, sekitar 10.000 polisi dikerahkan ke Ibu Kota Nairobi. Beberapa jalan utama ditutup selama kunjungan Obama. Bahkan, wilayah udara internasional di Kenya ditutup selama 50 menit pada saat kedatangan rombongan Presiden Obama. (Bkf)