Australia didesak terbuka terkait pengungsi Vietnam

Kamis, 30 Juli 2015

Beritaklik.Com - Partai Australian Green menyatakan pemerintah kemungkinan melanggar hukum internasional karena mengirim balik puluhan orang ini. Kapal kayu kecil yang merupakan kapal ilegal pertama yang memasuki Australia sejak bulan Juni 2014 terlihat di lepas pantai bagian barat laut negara itu, minggu lalu.

Sejak saat itu kapal tidak terlihat lagi dan pemerintah menolak mengatakan tempat para pengungsi berada. Saat berbicara di Sydney pada hari Senin (27 Juli), Perdana Menteri Tony Abbott menolak memberikan komentar.

Dia hanya mengatakan bahwa pemerintah akan "melakukan apa yang selalu kami lakukan, dan itu adalah bertindak sesuai dengan kepentingan Australia". Senator Sarah Hanson-Young dari Partai Green mengatakan pemerintah 'harus terbuka' terkait nasib para pencari suaka.

"Langsung menyerahkan orang-orang ini kepada Pemerintah Vietnam merupakan suatu pemaksaan pengembalian pengungsi, yang merupakan pelanggaran Konvensi Pengungsi," demikian isi pernyataan Hanson-Young. Pekerja minyak dan gas Modec melihat kapal sekitar 500m dari tanker minyak mereka, sekitar 150km dari pantai Dampier, Australia barat. (Bkf)