Upaya Maksimalkan Realisasi APBD, Pemprov Gelar Pertemuan Dengan SKPD

Senin, 18 Februari 2013

PEKANBARU- Guna memaksimalkan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2013, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melakukan pertemuan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pertemuan Senin (18/02/13) diruang Melati itu dipimpin Asisten II Setdaprov Riau Emrizal Pakis.

Emrizal kepada wartawan usai pertemuan menjelaskan, untuk mengoptimalkan realisasi APBD tahun ini, Pemprov menggelar pertemuan lebih awal. "Tadi itu kita menggelar pertemuan evaluasi terhadap penyerapan APBD 2013, kita melakukan upaya rapat dengan SKPD ini secara berkala, secara periodik, Januari dan Februari sudah dilaksanakan," jelas Emrizal.

Hal itu dimaksudkan agar jangan terjadi penumpukan diakhir tahun, terutama mengenai program kerja yang tidak bisa dilaksanakan, untuk itulah perlu dilakukan komunikasi lintas SKPD. Seperti terdapatnya program pengadaan tanah, perencanaannya di Biro Tata Pemerintahan belum ada, hal-hal seperti itu yang akan dilakukan pembahasan dalam rapat rutin tersebut.

"Makanya kedepan, kalau adanya pengadaan tanah, itu harus berada di SKPD bersangkutan, mereka bisa menyusun detail program yang akan dilaksanakan tersebut, sehingga kendala yang timbul ketika APBD itu sudah disahkan, bisa diminimalisir," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Emrizal menyebut juga dibicarakan mengenai kesiapan untuk melakukan pengadaan dan pelelangan, karena Kuasa Pengguna Anggaran untuk APBD 2013 ini SK penunjukannya sudah ditandatangai Gubernur Riau. Saat ini tinggal pelaksanaan dilapangan, mana program kerja yang dilakukan tender, penunjukan langsung, tender terbuka dan lainya.

"Apakah itu termasuk tender biasa, umum, harus dilelang melalui Layaan PEngadaan Secara Elektronik (LPSE) atau tidak, dan seterusnya. Pada prinsipnya kita harus tetap mengikuti koridor dan aturan yang ada, hari ini mash fokus pada persiapan, sumber-sumber penyumbatan realisasi itu yang dilakukan upaya mengatasinya," tegas Emrizal. (lan)