Data payrolls AS naik 215.000 di Juli

Ahad, 09 Agustus 2015

WASHINGTON, Beritaklik.Com - Angka tenaga kerja Amerika Serikat (AS) bertambah 215.000 pekerja di bulan Juli. Tak hanya itu, tingkat pengangguran di negeri Paman Sam itu pun bertahan di level terendahnya dalam tujuh tahun terakhir di angka 5,3%.

Tanda-tanda peningkatan lebih lanjut dalam pasar tenaga kerja AS ini menjaga Federal Reserve dijalur untuk menaikkan suku bunga secepatnya. Departemen Tenaga Kerja AS dalam rilisnya menyebutkan peningkatan payrolls bulan Juli ini mengikuti kenaikan sebanyak 231.000 pada Juni lalu artinya lebih besar dari perkiraan sebelumnya.

Selain itu, dalam rilis juga menunjukkan kenaikan dalam jam kerja, penghasilan per jam rata-rata naik kurang dari perkiraan sebesar 22,1% dari tahun sebelumnya. Ini menunjukkan adanya pertumbuhan upah.

Laju yang persisten dalam perekrutan tahun ini menunjukkan perusahaan optimis tentang prospek permintaan dalam menghadapi di tengah lemahnya pertumbuhan ekonomi global. Lebih baiknya sektor tenaga kerja dapat mendorong kenaikan upah yang lebih besar sehingga dapat mendorong konsumen untuk berbelanja dan memberikan momentum yang lebih bagi pertumbuhan perekonomian.

Industri di sektor ritel memimpin kenaikan data payroll pada bulan Juli, diikuti oleh sektor perawatan kesehatan dan rekreasi dan perhotelan. Payrolls sektor Manufaktur naik tajam dalam enam bulan terakhir atas kenaikan produsen barang non-tahan lama. Pada sektor konstruksi pengusaha juga banyak menambah pegawai. (Bkf)