Kadin: Menteri Baru Harus Langsung Bekerja, Tak Ada Waktu untuk Belajar

Jumat, 14 Agustus 2015

JAKARTA, Beritaklik.Com - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meminta menteri-menteri yang baru saja dilantik oleh Presiden Jokowi segera bekerja. Bagi Kadin, di tengah kondisi perekonomian yang sulit ini, tak ada waktu untuk belajar.

"Menteri-menteri yang baru juga harus bisa langsung kerja, tidak ada waktu belajar buat mereka seperti rekan-rekan mereka yang masuk lebih dulu," ujar Wakil Ketua Komite Tetap bidang Pelaku dan Penyedia Jasa Logistik Kadin Indonesia, Zaldi Masita saat dihubungi
Kompas.com, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Meski menyambut baik perombakan kabinet, Zaldi tetap mengkritisi keputusan penunjukan menteri baru oleh Presiden. Misalnya penunjukan Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo dinilai kurang tepat.

Menurut Zaldi, kapasitas Rizal Ramli disektor maritim masih perlu dibuktikan karena tak memiliki pengalaman banyak di sektor maritim dan logistik nasional. "Kalau di Kementerian ESDM mungkin Pak Rizal mengerti" kata dia.

Tak cuma Rizal Ramli yang disorot, Zaldi juga mengeritik keputusan menempatkan Sofyan Djalil di pos Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Bagi dia, kegagalan Sofyan menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian merupakan poin penting bahwa Sofyan tak pas ditempatkan di Bappenas.

"Padahal posisi Bappenas sekarang ini sangat kuat karena memegang
blue book untuk pembangunan infrastruktur Indonesia," ucap Zaldi. Meski begitu, dia berharap perombakan kabinet terutama di bidang ekonomi, maka perekonomian Indonesia bisa kembali menggeliat, bangkit dari pelemahan saat ini. Sumber:Kompas.Com (Bkf)