Masuri Pimpin PKJB Secara Aklamasi

Senin, 17 Agustus 2015

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Estapet kepemimpinan Persatuan Keluarga Jawa Bengkalis (PKJB) resmi berpindah tangan. Dari sebelumnya dipegang mantan Wakil Bupati, H Suayatno, sejak Rabu (12/8) malam, berganti kepada Masuri. Pengusaha sukses itu terpilih melalui Musyawarah Daerah yang guyub dan rukun.

Musyawarah Daerah yang digelar Rabu malam lalu itu terbilang berbeda dan istimewa. Musda yang dihadiri para pengurus dari seluruh kecamatan itu berlangsung di kediaman Masuri di Kelapapati. Selain para pengurus periode sebelumnya, terlihat juga hadir dewan pembina PKJB, Bagus Santoso, Kapolsek Bengkalis AKP Meby dan Danramil 0303 Sumarno.

Mengawali acara tersebut Ketua Panitia, Sutano mengatakan, Musda tersebut digelar karena masa kepemimpinan sebelumnya, H Suayatno sudah berakhir. Sebagai pihak yang diberikan mandat, dirinya mengaku siap melaksanakan amanat Musda seperti yang diinginkan para pengurus.

"Musda kali ini agak sedikit berbeda, biasanya Musda kita gelar di hotel atau gedung milik pemerintah, kali ini kita gelar di rumah salah seorang tokoh Jawa. Ada pesan yang ingin saya sampaikan, bahwa gawean seperti ini lebih mengeratkan lagi tali silaturrahmi. Dan yang penting, organisasi kita lebih guyup dan rukun," ujar Luarah Rimbas Sekampung ini.

Sementara itu dewan pembina PKJB, Bagus Santoso dalam sambutannya mengatakan, selama perjalanan organisasi, PKJB memang mengalami era pasang surut, baik di era kepemimpinan Sutardi, dirinya sendiri maupun saat dinakhodai H Suayatno.

Ke depan dirinya berharap PKJB semakin besar, guyup, rukun dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat, memberikan andil dalam program pembangunan daerah. "Minimal bisa mengayomi anggotanya sendiri (masyarakat Jawa) yang ada di Kabupaten Bengkalis," pesannya.

Siapapun ketua PKJB yang terpilih nantinya, anggota DPRD Provinsi Riau ini berharap, agar mampu menjadi panutan dan contoh bagi seluruh anggota. "Sesuai pepatah jawa, yang di depan (pimpinan) harus memberi contoh, yang ditengah (pengurus) harus bisa memberi semangat, dan yang di belakang (anggota) harus bisa memberikan dorongan. Dengan begitu, saya yakin PKJB akan semakin kuat dan guyup," ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib pemilihan ketua baru sesuai amanat yang tertuang di dalam AD/ART PKJB oleh pengurus PKJB, Suprianto. Karena semua persyaratan sudah terpenuhi, maka Bagus Santoso selaku dewan pembina memunculkan nama, Mas Bagong sebagai ketua untuk periode selanjutnya.

Dalam suasana kekeluargaan, pimpinan rapat termasuk Bagus sendiri mempersilakan pengurus lama atau perwakilan dari Kecamatan mengusulkan "jago" masing-masing. Namun nama kandidat lain tidak juga muncul, dan akhirnya secara aklamsi seluruh yang hadir sepakat menunjuk Ketua Kadin Bengkalis itu sebagai Ketua PKJB yang baru.

Si tuan rumah juga mengaku siap mengemban amanah yang telah diembankan oleh masyarakat Jawa Bengkalis. kendati begitu, dirinya berharap dukungan dan kerjasama dari semua pihak, agar roda organisasi tetap berjalan dengan baik.

Dalam sambutan singkatnya, pengusaha sukses itu menyentil tentang keberadaan sekretariat PKJB. Ke depan dirinya ingin dan bercita-cita ada pendopo permanen untuk PKJB. Selain itu, dirinya juga akan membuat Kartu Tanda Anggota (KTA) bagi seluruh anggota atau masyarakat Jawa Bengkalis. "Mohon dukungannya agar ke depan PKJB lebih guyup da besar lagi," ujarnya. (Bku)