Inilah Empat Pura Ikonik di Bali

Selasa, 18 Agustus 2015

Beritaklik.Com - Kebudayaan dan tradisi Bali yang masih melekat menjadi daya tarik sendiri. Tempat ibadah pun menjadi salah satu tempat yang banyak dituju wisatawan. Pura memiliki bentuk bangunan yang menarik dan berbeda dari gaya bangunan yang lain. Tak jarang pura menjadi daya tarik sekaligus ikon Bali. Berikut Okezone rangkum empat pura ikonik di Bali.

Pura Besakih
Pura Besakih merupakan sebuah komplek pura yang berada di Desa Besakih, Karangasem atau di lereng Gunung Agung. Komplek dengan satu pura pusat dan 18 pura pendamping ini adalah salah satu yang paling laris dikunjungi turis karena menawarkan pemandangan yang indah.

Komplek suci ini memiliki Pura Penataran Agung sebagai tempat ibadah utama umat Hindu di Bali. Bangunan pura yang tinggi disertai anak tangga memberikan pemandangan yang menawan. Saat berada di sini, Anda harus menyewa dan memakai sarung sebagai tanda menghormati tradisi Bali.

Pura Tanah Lot
Jika Anda berkunjung ke Tanah Lot, Anda akan melihat pura yang berada di ujung tebing yang menjorok ke laut. Pura Tanah Lot merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

Di bawah Pura Tanah Lot terdapat goa yang dihuni oleh beberapa ular belang yang jinak. Jika berkunjung ke sini, Anda harus menjaga perilaku dan perkataan karena pura ini merupakan salah satu tempat yang dianggap paling suci di Bali.

Pura Luhur Uluwatu
Salah satu pura paling ikonik di Bali adalah Pura Luhur Uluwatu yang terletak di Desa Pecatu, Kuta, Badung. Keunikan pura ini adalah berada di tebing yang menjorok ke laut dengan ketinggian 97 meter di atas permukaan laut.

Berkunjung ke pantai ini, Anda sekaligus akan merasakan sensasi menyaksikan pantai dari ketinggian. Air jernih dan ombak yang saling menghantam menghasilkan panorama yang menawan. Pura ini juga merupakan tempat tinggal sekumpulan monyet yang diyakini sebagai penjaga pura. Waktu terbaik mengunjungi pura ini adalah menjelang matahari terbenam.

Pura Saraswati
Pura Saraswati berlokasi di Jalan Raya Ubud, Gianyar. Pura yang memiliki taman air dan teratai ini memiliki suasana yang tenang dan membuat wisatawan merasa nyaman. Pura ini merupakan pura yang dibangun untuk memuja Dewi Saraswati yang menguasai ilmu pengetahuan dan seni. Pura Saraswati tidak jauh dari Monkey Forest Ubud yang populer di Bali, sehingga menjadikan pura ini sebagai salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi di Bali. (Bkf)