Warren Buffet Taipan Terkaya ke 3 Didunia Ternyata Pemilik Kecap Dan Saus ABC

Rabu, 20 Februari 2013

Waren Buffet Ketika Menerima Medali dari Obama (Ist/Ilustrasi/)

USA.Taipan terkaya nomor tiga sejagat, Warren Buffet, membeli perusahaan saus tomat terbesar di dunia asal Amerika Serikat, Heinz senilai US$28 miliar atau Rp266 triliun. Buffet juga akan terus mengincar perusahaan raksasa lainnya.

Warren Buffet mengakuisisi Heinz lewatperusahaan investasinya Bershire Hathway dan 3G Capital. Dua perusahaan milik Warren Buffet ini bakal membayar US$72,5 per lembar saham kepada para pemegang sahamnya. Harga tersebut 20 persen di atas harga penutupan saham Heinz di lantai bursa.

“Heinz mempunyai potensi yang besar dan pertumbuhan pasar yang kuat karena standar kualitasnya tinggi, terus berinovasi, dan memiliki manajemen yang sempurna, serta cita rasa hebat,” kata Buffet seperti dilansir laman AFP Jumat (15/2).

Heinz merupakan produsen saus dan bahan makanan terbesar di dunia. Didirikan pada 1869, Heinz telah memiliki 57 jenis produk dan menguasai 150 merek dan memasarkannya di 200 negara. Pada 2012, pendapatan bersih Heinz mencapai US$923 juta dengan aset US$11,98 miliar.

“Keberhasilan Heinz yang mendunia menjadi kekuatan untuk berinvestasi. Apalagi merek Heinz sudah memilki kekuatan itu,” lanjutnya.

Dalam acara “Squawk Box” CNBC , konglomerat ini berkelakar kepada Becky Quick, pembawa acara tersebut lewat sambungan telepon: “Saya siap membeli satu ‘gajah’ lagi, kalau Anda melihat ada yang berkeliaran, tolong telepon saya.”

Meski kedengaran seperti lelucon, Buffet melanjutkan ucapannya perihal ‘gajah’ yang dia maksudkan adalah perusahaan besar dan terkenal tingkat internasional. Seperti diketahui, akuisisi perusahaan-perusahaan lain yang lebih besar agar makin bertumbuh dan memiliki daya saing tinggi, merupakan gaya bisnis investasi Buffet.

“Kami sudah siap. Senjata pembunuh gajah kami sudah terisi, dan jari saya sudah gatal untuk menarik pelatuk,” ujarnya.

Catatan saja, di Asia, Heinz memiliki produk kecap ABC yang juga terkenal dengan produk saus sambalnya, kemudian kentang beku bermerek Ore-Ida, lalu kecap bermerek Master and Meiweiyuan di China, dan minuman kesehatan anak bermerek Complan di India.

Pada akhir 2012 lalu, Buffet mengatakan Berkshire punya uang tunai senilai US$ 47 miliar atau Rp446,5 triliun. Buffet memang tipe orang yang selalu menyiapkan dana senggang minimal US$20 miliar atau Rp 190 triliun. Sehingga, uang yang bisa dipakai secara bebas sekitar US$ 27 miliar atau Rp 256,5 triliun.

Data Forbes 2012, jumlah kekayaan terakhir Warren Buffet adalah US$44 miliar atau sekitar Rp418 triliun yang menempatkannya menjadi orang terkaya ketiga di muka bumi setelah orang tajir Carlos Slim dan Bill Gates.(bk.1/in)