Semarak 50-an Brand Mobil dan Motor, dan 50-an Acara Heboh Bakal Gemparkan IIMS 2015

Sabtu, 22 Agustus 2015

Jakarta, Beritaklik.Com - Hajatan akbar dunia otomotif untuk pelaku bisnis, konsumen, pehobi dan masyarakat umum. Seperti itulah wajah baru Indonesia International Motor Show 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada tanggal 20 - 30 Agustus 2015. Benar-benar mengejawantahkan The Essence of Motor Show sebagai tagline baru IIMS 2015 dan secara tegas membedakannya dengan pameran sebelum dan sejenisnya.

Mulai edisi 2015, manajemen PT Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS 2015 melakukan perombakan besar dalam perhelatan akbar pameran otomotif ini. Lebih dari sekedar pameran dan ajang transaksi, tetapi menjadi sebuah ruang besar yang mengintegrasikan semua elemen dan budaya otomotif. Kepentingan bisnis, industri, hiburan, edukasi, dan aspek sosialnya dirangkum menjadi satu dan dikemas sedemikian rupa. Glamor dari sisi display produk baru namun pada sisi lain juga merakyat karena melibatkan hampir seluruh aspek keseharian otomotif Indonesia. Mulai dari komunitas berlevel Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sesungguhnya memiliki peran penting memajukan industri otomotif nasional, sampai dengan industri pendukung yang berteknologi tinggi.

"Hari ini kami pastikan The Essence of Motor Show bisa dilaksanakan 100% pada penyelenggaraan tahun ini. Kami bersyukur konsep baru itu bisa tereksekusi mulus dan disambut positif oleh berbagai pihak. APM maupun non-APM yang akan mendisplay berbagai produk otomotif mutakhir dan stakeholders yang secara langsung membantu memeriahkan acara IIMS ini. Sekitar 50 brand mobil dan motor sudah pasti tampil dengan berbagai varian unggulan," ucap Hendra Noor Saleh yang akrab disapa KoHen, Direktur PT. Dyandra Promosindo dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (4/8).

Beberapa merek mobil yang sudah dipastikan bergabung di IIMS 2015 adalah Alfa Romeo, AUDI, BMW (Arys Auto Gallery & Alvin Motor), Chevrolet (Nusantara), Chrysler, Datsun, Dodge, Ferrari (Alvin Motor), Fiat, Ford, Honda, Harrier (Arys Auto Gallery & Alvin Motor), Hyundai, Isuzu (Autocipta), Jaguar, Jeep, KIA, Lamborghini (Alvin Motor), Land Rover, Lexus (Arys Auto Gallery), Mazda (Nusantara), Mercedes Benz, MINI (Maxindo), MOPAR, Nissan, Porsche (Arys Auto Gallery & Alvin Motor), SRT, Suzuki (Sun Motor), Toyota (Astrido), VW. Sementara untuk kendaraan roda dua sendiri dipastikan turut memeriahkan adalah Benelli, BMW Motorrad Indonesia (Maxindo), Ducati, Harley Davidson, Honda (Wahana), Husqvarna, Italjet, KTM, Kawasaki (Wahana), Peugeot Scooters, Piaggio (Meta Dwiguna), Suzuki (Wahana), SOIB (Hobby Motor), SYM (Wahana), Yamaha dan Zero Motorcycle.

KoHen menambahkan, lebih dari 50 supporting event telah disiapkan untuk menambah kemeriahan IIMS 2015. Salah satu yang pasti sudah ditunggu-tunggu adalah konser musik Ariana Grande The Honeymoon Tour tanggal 26 Agustus 2015. Ada pula Movie Cars yang hadirkan mobil-mobil terkenal lewat film-film Hollywood, parade mobil-mobil klasik, Drift War III, atraksi freestyle berkelas dunia dan banyak lagi.

"Total Football kalau dalam istilah olahraga sepak bola. Kami benar-benar maksimal memberikan informasi terkini perkembangan otomotif dan disaat yang sama juga memberikan edukasi dan hiburan yang tidak akan terlupakan," lanjut KoHen.

Belasan Brand Sepeda Motor

Pada IIMS 2015 kali ini, wajah pameran juga berubah dengan hadirnya pemain industri sepeda motor. Baik dari sepeda motor yang sudah menjadi pemandangan dan konsumsi masyarakat sehari-hari hingga sepeda motor berkapasitas besar (moge). Keseluruhan peserta dari industri sepeda motor ini akan bersatu dan berperan penting menyukseskan IIMS 2015 karena diyakini akan menggelorakan pangsa pasar tersendiri yang selama ini kurang terjamah oleh IIMS.

"Saya melihat ceruk pasar sepeda motor merupakan kelompok raksasa tersendiri yang selama ini kurang mendapat porsi pada IIMS. Di IIMS 2015 ini, hampir seluruh merek sepeda motor yang dijual di Indonesia akan hadir. Dari kapasitas mesin yang kecil hingga berkapasitas setara mesin mobil akan menyuguhkan produk-produk unggulannya," terang KoHen.

Atraksi Graham Jarvis dan Rok Bagoros Untuk menjaga bobot penyelenggaraan, Dyandra menggandeng berbagai pihak untuk pelaksanaan sejumlah acara. Salah satu partner utama adalah Grand Prix International (GPI), penyelenggara tahunan Bangkok International Motor Show (BIMS). Dr. Prachin Eamlumnow, sebagai Presiden dan CEO GPI Thailand, akan hadir di IIMS 2015 bersama TAPMA dan TAPA (asosiasi komponen Thailand), beserta koleksi mobil langka Dr. Prachin dan Miss Bangkok International Motor Show.

Dapurpacu.com akan menggawangi event Drift War III, Supermoto dan semua aspek yang berbau motorsport. Sedangkan Otomotif Group akan mengelola Parade Test Drive & Ride, Otobursa Premium, Gajah Monster, Bazaar Bagasi dan sebagainya.

Pengprov IMI DKI akan mendatangkan Graham Jarvis sang juara dunia enduro dan extreme offroad asal Inggris. Bintang lainnya, stunt rider Internasional asal Slovenia, Rok Bagoros. Dua rider internasional ini akan melakukan atraksi pada dua akhir pekan. Graham Jarvis akan memukau pengunjung di akhir pekan pertama tanggal 21-23 Agustus 2015, sementara Rok Bagoros akan menutup akhir pekan kedua IIMS tanggal 28 - 30 Agustus 2015.

"Kami sudah deal dengan Husqvarna dan KTM untuk mendatangkan Graham Jarvis dan Rok Bagoros ke IIMS 2015. Tak hanya melakukan aksi freestyle, Jarvis dan Bagoros juga akan memberikan pelatihan. Ini kesempatan langka yang bisa dimanfaatkan untuk menimba ilmu oleh freestyler dan offroader Indonesia," kata A. Judiarto, Ketua Pengprov IMI DKI. Event lain yang tak kalah menarik adalah aksi mobil-mobil offroad yang ditangani langsung oleh IOF (Indonesian Offroad Federation). Sepanjang perhelatan IIMS 2015, IOF akan memamerkan beragam mobil offroad maupun mobil rescue yang sudah menjelajah berbagai medan berat. "Dengan kerjasama ini kami juga berharap bisa menghidupkan kembali salah satu cabang offroad, yakni Rock Crawling," ucap Askar Kartiwa selaku Ketua IOF. Rock Crawling sendiri telah absen di Indonesia selama lebih dari 5 tahun.

Event tahunan yang kali ini bersinergi ke dalam pesta IIMS 2015 adalah The 8th Otoblitz Indonesia Classic Car Show: All About the Classic Culture persembahan Otoblitz Media Synergy yang bekerjasama dengan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Otoblitz akan menghadirkan line up mobil-mobil klasik terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara.

Beberapa line-up yang akan dipamerkan, seperti mobil kenegaraan Presiden RI Kedua, Soeharto, yaitu Presidential Limo Parade macam Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine 1962 dan Mercedes-Benz 500SEL Limousine W126 1989. Koleksi mobil presiden ini akan berdampingan dengan mobil-mobil keren kategori Vintage, Classic, Sport, Youngtimer, Retro, Modern Classic, hingga Future Classic Sport Cars milik para kolektor Indonesia serta mancanegara. Ikon yang akan tampil antara lain Cadillac Eldorado Biarritz 1959, Ford Thunderbird Convertible 1964, Mercedes-Benz 190SL W121 1959, Opel GT 1970, Dodge Charger R/T 1969, dan Mercedes-Benz 170V Roadster 1938. Seluruhnya terhitung collector items yang langka, sparkling, dan bernilai tinggi.

"Pengunjung IIMS 2015 akan bisa menyaksikan sejarah mobil-mobil klasik di Indonesia sambil menikmati perkembangan dunia otomotif melalui mobil-mobil produk terkini," komentar Azman Osman, CEO Otoblitz Media Synergy.

Menjadi lebih lengkap karena Museum Transportasi Malang akan mengirimkan koleksi terbaiknya: Ford Model T 1915, Dodge 116 tahun 1924, dan Citroen DS Palace 1973 suspensi hidrolik, motor MV Agusta 1954 tipe scooter ajaib 150 cc yang diproduksi motor sport dan banyak lagi.

Bank Mandiri dan BCA Finance

Dari sektor perbankan lembaga keuangan, Dyandra juga merangkul sejumlah bank berskala nasional yang paling populer di Indonesia, yaitu Bank Mandiri dan BCA Finance untuk peran yang berbeda-beda. Bank Mandiri menjadi sponsor utama IIMS dan Ariana Grande, dan tentunya akan menyediakan sejumlah kemudahan bagi pengunjung dalam bertransaksi. Sementara, "BCA Finance akan menyiapkan Paviliun BCA seluas 2.000 meter2 yang akan menampilkan brand-brand Toyota, Isuzu, Suzuki, KIA, Hyundai, Ford dan VW," kata KoHen.

Akan terasa kurang lengkap jika keramaian IIMS tak dilengkapi permainan. Oleh karena itu, Dyandra mengajak para pecintanya untuk berinteraksi melalui dunia virtual dengan mempersembahkan aplikasi games bernama IIMS Funtomotive yang bisa diunduh lewat perangkat Android dan iOS. Permainan ini berhadiah motor KTM Duke seharga Rp 40 jutaan bagi pemain yang berhasil meraih skor tertinggi.

Tak lupa ia menghimbau para orangtua agar tidak ragu membawa keluarga ke IIMS 2015. Selain karena beragam hiburan dan edukasi berharga, juga tersedia sarana bermain anak yang aman dan nyaman. Bahkan panitia pun menggelar lomba mewarnai yang pastinya bertema otomotif, sekaligus upaya mendekatkan anak sejak dini dengan dunia dan budaya otomotif. Sumber : indonesianmotorshow.com (Bki)