Kabar Gembira, Pemkab Bengkalis Siapkan Beasiswa Miliar Rupiah

Sabtu, 12 September 2015

Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra memberikan ucapan selamat usai melantik pengurus IPMKB di Pekanbaru, Jumat (11/9/2015).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra memberikan ucapan selamat usai melantik pengurus IPMKB di Pekanbaru, Jumat (11/9/2015).

BENGKALIS, Beritaklik.Com - Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie menjelaskan, sebagai upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis telah, sedang dan akan terus melakukan berbagai program untuk memajukan bidang pendidikan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

"Diantaranya, melalui bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar maupun dalam Kabupaten Bengkalis. Untuk tahun 2015 ini, program dimaksud sudah kami tandatangani. Saat ini dalam tahap pengurusan dan pemasukkan berkas dari mahasiswa," jelas Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Provinsi Riau ini, Jumat (11/9/2015).

Diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H Heri Indra Putra, hal itu disampaikan Ahmad Syah pada pelantikan pengurus Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Bengkalis (IPMKB). Pelantikan pengurus periode 2015-2017 itu, dilaksanakan di Ratu Agung Ballroom Ratu Mayang Garden Hotel, Pekanbaru.

Kemudian, imbuh Ahmad Syah, program beasiswa anak tempatan dan komunitas adat terpencil (KAT). Tahun 2014 lalu, dana beasiswa anak tempatan ini Rp 3,126 miliar yang diberikan bagi 561 mahasiswa. Sedangkan beasiswa bagi KAT dan mahasiswa berprestasi di bidang akademik dan non akademik Rp 1,152 miliar.


"Kedua beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa asal daerah ini yang kuliah di berbagai perguruan tinggi. baik di dalam mau pun di luar Provinsi Riau. Tahun 2014 lalu penerimanya sebanyak 76 orang mahasiswa," papar Ahmad Syah.

Bantuan pendidikan yang diberikan Pemkab Bengkalis bagi mahasiswa asal daerah ini, sambungnya, tidak hanya sebatas beasiswa. Namun juga bantuan dana untuk penyelesaian tugas akhir. Baik itu jenjang pendidikan Diploma, Sarjana (S1), Master (S2), maupun Doktor (S3). Untuk mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi yang terdapat di Kabupaten Bengkalis, dalam negeri maupun di luar negeri.

"Melalui Bagian Kesejahteraan Sekretariat Daerah Bengkalis, pada tahun 2013 misalnya, alokasi dana yang disediakan Rp 5,885 miliar. Sedangkan tahun 2014, bantuan serupa dianggarkan Rp 5,98 miliar. Atau meningkat Rp 95,2 juta," ujarnya.

Tak hanya itu. Untuk mendukung kawasan Bengkalis sebagai pusat pendidikan, Pemkab Bengkalis juga telah membangun gedung sekolah baru. Seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Diantaranya SMK Penerbangan di Kecamatan Bukit Batu yang merupakan satu dari empat SMK Penerbangan di Indonesia, dan satu-satunya di Provinsi Riau. Selanjutnya, SMK Pertanian yang tersebar Kecamatan Bantan, Rupat dan Pinggir, serta dan SMK Pariwisata di Rupat Utara.

"Dan masih banyak program lainnya yang tentunya akan dilaksanakan secara berkesinambungan dan teringetrasi, mulai dari pendidikan anak usia dini sampai perguruan tinggi," terang Ahmad Syah, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Heri Indra Putra. (Bku)