Pelabuhan Indonesia Permudah Turis Asing

Ahad, 04 Oktober 2015

Beritaklik.Com - Turis asing ke Indonesia kian dimudahkan, pasalnya pintu masuk melalui Pelabuhan sudah dipermudah.

Kementerian Perhubungan mendorong tumbuhnya kunjungan wisatawan yang datang menggunakan kapal pesiar (cruiseship) dengan memberikan kemudahan layanan di pelabuhan.

"Tujuannya untuk mendorong tumbuhnya industri pariwisata nasional terutama wisata maritim dan kapal pesiar," kata Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Bobby R Mamahit, Jumat (2/10/2015).

Peraturan Menteri Perhubungam No.PM 121 Tahun 2015 terkait dengan Pemberian Kemudahan Bagi Wisatawan Dengan Menggunakan Kapal Pesiar (Cruiseship) Berbendera Asing memasuki lima pelabuhan utama di Indonesia.

Bahkan, dalam PM No.121 tahun 2015, pemerintah menetapkan lima pelabuhan nasional sebagai embarkasi dan debarkasi untuk cruiseship berbendera asing.

Ke lima pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Belawan Medan, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, dan Pelabuhan Benoa Bali.

Bobby mengungkapkan, banyak operator cruiseship dunia yang datang kepadanya menanyakan kepastian tentang fasilitas dan kemudahan bagi cruiseship asing yang akan datang ke Indonesia.

"Ada sekitar tujuh operator cruiseship dunia yang datang menanyakan kesiapan kita. Saya jawab, Indonesia akan memberi kemudahan serta jaminan keamanan dan keselamatan pelayaran bagi cruiseship asing," tukasnya. Sumber : okezone.com (Bki)