19 Pondok dan Rumah Tahfidz Ikuti MHQ Kabupaten Bengkalis

Sabtu, 17 Oktober 2015

Pj Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie membuka MHQ Kabupaten Bengkalis tadi malam.

Pj Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie membuka MHQ Kabupaten Bengkalis tadi malam.
BENGKALIS, Beritaklik.Com - Sebanyak 19 pondok/rumah tahfidz dari enam kecamatan di Kabupaten Bengkalis mengikut pelaksanaan Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) ke-1tingkat Kabupaten Bengkalis. Pelaksanaan MHQ berlangsung dari 16-18 Oktober ini dibuka langsung oleh Pj Bupati Bengkalis Ahmad Syah Harrofie di Pondok Pesantren Al Amin, Jum'at malam (16/10/2015).

Pj Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie saat membuka MHQ menyambut baik pelaksanaan MHQ ke-1 ini. Menurutnya, kegiatan dalam rangka pembinaan generasi muda untuk mendalami isi kandungan Al Quran ini dilaksanakan secara berkelanjutan.

"Kami menilai kegiatan ini merupakan langkah tepat dalam upaya pembinaan berkelanjutan terhadap para penghafal atau hafis Al quran. disamping itu, kegiatan ini sebagai wahana mensyi'arkan kalam-kalam ilahi di tengah-tengah umat islam, sehingga mampu mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan Qurani," ujarnya.

Dari 19 pondok/rumah tahfidz, jumlah peserta yang bakal bermusabaqah selama tiga hari tersebut sebanyak 48 orang. Peserta dan pondok/rumah tahfidz terbanyak yang mengikuti MHQ kali pertama ini, berasal dari kecamatan Bengkalis yakni sebanyak 10 pondok/rumah tahfidz dan 26 peserta. Kemudian Mandau dan Rupat masing-masing tiga pondok/rumah tahfidz, Bantan, Siak Kecil dan Bukti Batu masing-masing satu pondok/rumah tahfidz.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Provinsi Riau ini mengaku bangga dengan antusias pondok/rumah tahfidz mengikuti MHQ pertama ini. Hendaknya tahun depan, jumlah kecamatan yang mengikut sertakan peserta pada ajang MHQ tidak hanya enam, tapi menjadi delapan kecamatan.

"Hal ini tentu menjadi tugas pengurus LPTQ Kabupaten Bengkalis bekerja sama dengan LPTQ kecamatan untuk terus mengembangkan pembinaan terhadap pondok/rumah tahfidz," ujar Ahmad.

Pembukaan MHQ ke-1 tingkat Kabupaten Bengkalis juga dihadiri langsung oleh pemilik Yayasan Al Amin Bengkalis, Gamal Abdul Nasir yang sengaja datang dari Brunei Darusalam. Beliau sengaja pulang kampung, untuk menyaksikan acara pembukaan MHQ yang dipusatkan di pesantren miliknya.

Turut hadir Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis, Ariyanto beserta pengurus, Staf Ahli Bupati Halomongan, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Mustafa, Kepala BPDMD Ismail dan sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, serta para orang tua santri. (Bku)