Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Laptop

Rabu, 27 Februari 2013

(ist)

LAPTOP, komputer, ipad dan lainnya sangat dibutuhkan saat ini. karena kemajuan dan kecanggihan zaman semua benda elektronik itu diciptakan. Tapi di balik itu semua, ada resiko yang berbaya, yaitu radiasi yang dipancarkan benda-benda tersebut.

Meskipun sebagian orang mengetahui dampak apa yang akan diperoleh dengan seringnya menggunakan laptop atau komputer tapi hal tersebut  seolah terabaikan. 

Itu semua karena tingkat kebutuhan yang semakin meningkat dan mengabaikan hal-hal yang di anggap tidak penting, padahal hal-hal kecil yang di abaikan itu lah yang akan mengakibatkan dampak negatif. Salah satunya bahaya radiasi pada laptop atau komputer sehingga terjadi kerusakan mata dari yang ringan hingga yang berat. Atau bahkan dengan kasus yang berat seperti berujung pada kematian. 

Maka ada beberapa tips dalam mengurangi terjadinya dampak negatif dari penggunaan laptop dan komputer yaitu :

1.  Coba pasang filter pada monitor komputer karena filter ini berfungsi untuk menahan radiasi agar tidak sampai ke mata.

2.    Pilihlah monitor yang berbentuk LCD/plasma.

3. Jagalah jarak mata anda dengan monitor komputer atau laptop, minimal jaranknya 50 cm.

4.   Taruhlah monitor sejajar dengan mata anda.

5.   Atur warna pada layar monitor

6.    Atur screen refresh rate menjadi 75 htz

7.      Sesering mungkin kedipkan mata, karena dengan kita mengedipkan mata, akan merangsang kelenjar airmata untuk mengeluarkan air  mata yang berfungsi membuat mata menjadi basah dan lembab.

8. Anda bisa membeli semacam kacamata yang bisa anda pakai pada saat menggunakan computer

9.   Setelah penggunaan komputer dalam jangka waktu yang lama, istirahatkan mata minimal 15 menit.anda bisa melihat lihat keluar ruangan untuk menyegarkan mata.

10.   Perhatikan cahaya di sekitar ruangan tempat anda menggunakan komputer.usahakan ruangan cukup pasokan cahaya. Jangan menggunakan komputer di ruangan yang gelap

11.   Perbanyak konsumsi makanan yang menandung vitamin A

12.   Jangan terlalu lama menggunakan jaringan wireless, hotspot, modem, wifi.

13.   Jangan menggunakan cas pada laptop saat penggunaan karena  mengurangi radiasi .

 

Oleh : Sri Novita Sari

Mahasiswa STIKES Payung Negeri