Atlet Bengkalis Berjaya di Porwil, Separuh Medali Emas Disumbangkan untuk Riau

Ahad, 22 November 2015

BENGKALIS-Prestasi membagakan ditoreh atlet Bengkalis yang memperkuat Riau pada pada Pekan Olahraga Olahraga Wilayah (Porwil) IX se-Sumatera di Provinsi Bangka Belitung. Betapa tidak, dari total 31 atlet asal Kabupaten Bengkalis yang mewakili Riau, tidak kurang 43 medali berhasil disumbangkan (19 emas, 20 perak dan 4 perunggu dari 6 cabang olahraga).

Riau sendiri berhasil keluar sebagai juara umum Porwil IX Sumatera yang resmi ditutup, Sabtu (21/11/2015), dengan meraih 38 emas, 32 perak dan 21 perunggu. Dari rincian perolehan medali secara keseluruhan, untuk medali emas yang diraih kontingen Riau 38 emas, 19 atau setengahnya disumbangkan atlet Bengkalis. Sedang medali perak, atlet Bengkalis juga pengumpul medali terbanyak yaitu 20 medali perak dari 32 yang diraih Riau.

Dari 43 medali yang diraih atlet Bengkalis tersebut, berasal dari cabang sepaktakraw 1 emas, cabang renang 5 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Kemudian atletik menyabet 2 emas, 7 perak dan 1 perunggu, pencak silat 1 emas dan 1 perak, catur 6 emas dan 3 perak serta Panjat Tebing 4 emas 6 perak dan 1 perunggu. Dari 31 atlet Bengkalis yang berlaga di Porwil, hanya bulutangkis dan sepakbola  yang tidak berhasil menyumbangkan medali.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bengkalis, Henri Eduardi membenarkan atlet asal Bengkalis mampu meraih 4 emas 6 perak dan 1 perunggu dari cabang tersebut. Para atletnya yang meraih medali adalah Ezi Ramadhan 1 emas, M Syahrur Rozi 2 emas, M Aznil Rizky 1 emas dan 1 perak, Dani Saputra 1 perak, Khairani Aslamiah 2 perak dan 1 perunggu serta Novi Jumidar 2 perak.

Sementara untuk sepaktakraw 5 atlet Bengkalis yang memperkuat Riau, yakni Asmira, Sutini, Mala Endah Sari, Nofriyanti dan Nurhidayah menyabet 1 emas untuk nomor tim. Dari cabor pencak silat, Yudha Mahendri menyumbangkan 1 emas dan Nofrizon Chandra 1 perak. Di cabang catur, Master Nasional (MN) Jonroy menyabet 4 medali emas dan 1 perak serta grand master (GM) H Hardiansyah mendapat 2 emas dan 2 perak.

Dari cabor atletik, pelatih atletik Bengkalis Adlin menyebutkan atlet yang meraih medali adalah Taufik Nurahman 1 emas, Sulastri 1 emas, Junaidi 1 perak, Hidayat 1 perak, Hirzan Ramadhan 1 perak, Mantari 2 perak dan M Saputra 2 perak dan 1 perunggu. Untuk cabor renang 3 atlrt renang Bengkalis mampu mengharumkan nama Riau di Bangka Belitung, yaitu Abdul Hadi dengan meraih 3 emas 2 perak dan 1 perunggu, Garcia Sangapta 1 perak dan 1 perunggu dan Ayu Zulpeni dengan 2 emas.

Ketua KONI Kabupaten Bengkalis, Syaukani Alkarim ketika dikonfirmasi mengaku sangat bersyukur atas capaian prestasi yang diraih para atlet Bengkalis pada Porwil IX Sumatera di Babel. Hal tersebut menurutnya menunjukkan adanya kemajuan pesat yang diraih atlet asal Bengkalis, walau pada cabor bulutangkis dan sepakbola belum meraih medali.

 “Alhamdulillah, prestasi yang diraih atlet asal Bengkalis di Porwil Sumatera sangat memuaskan. Dari 38 medali emas yang diraih Riau, 19 emas dipersembahkan atlet Bengkalis. Kemudian dari 32 medali perak yang didapat Riau, 20 disumbangkan atlet Bengkalis. Harapan kita prestasi yang diraih di Babel harus dipertahankan pada PON 2016 di Jawa Barat tahun depan,” ungkap Syaukani.***