Demokrat Buka Pendaftaran Caleg 2014

Kamis, 28 Februari 2013

PEKANBARU - Terhitung hari ini Jum'at 1 Maret 2013 hingga 22 Maret 2013 mendatang, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Riau resmi membuka pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) Pemilu 2014. Meski membuka luas untuk para kader dan masyarakat umum, Demokrat mengisyaratkan tidak akan menerima calon yang tersangkut masalah humum, baik dengan status tersangka maupun terdakwa.

Pendaftaran tersebut tidak di pungut biaya dan dapat di lakukan di Kantor DPD partai Demokrat Provinsi Riau di Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Ketua DPD Partai Demkrat Riau HR Mambang Mit (MM) Kamis (28/02/13), kepada wartawan mengatakan, pengurus DPD Partai Demokrat sudah mengadakan rapat bersama panitia  penjaringan anggota Caleg Pemilu 2014 yang menyepakati beberapa point persyaratan dan mekanisme bagi Caleg Pemilu 2014 yang akan mendaftar di Partai Demokrat Riau.

"Pendaftaran dibuka setiap hari mulai tanggal 1 Maret sampai 15 Maret namun karena  masih ada waktu untuk verifikasi selama satu minggu maka  pendaftaran dapat dilakukan sampai tanggal  22 Maret," terang MM.

Mambang Mit lebih jauh menjelaskan, pendaftaran terbuka terbuka bagi siapa saja tidak hanya kader dan simpatisan Partai demokrat, dari kalangan masyarakat umum Provisi Riau  yang sudah mempunyai KTP boleh mendaftar sebagai Caleg Pemilu 2014 karena akan dibuatkan KTAnya  dan di daftarkan sepanjang warga negara Indonesia, sebagai caleg dari partai demokrat.

Namun tegas MM lagi, salah satu syarat penting pendaftaran yang bersangkutan tidak boleh tersangkut masalah hukum, walaupun belum ada keputusan Pengadilan atau belum Inkrah.

"Meskipun baru sebagai  tersangka, atau terdakwa untuk kasus hukum Partai Demokrat Riau tidak akan menerimanya, karena Partai ini betul-betul mengetengahkan kader-kader  yang cerdas, bersih dan santun tidak tersangkut masalah  hukum,"tutur MM.

"Karenanya, siapapun berminat menjadi Caleg Dalam Pemilu 2014 melalui Partai Demokrat, apakah generasi muda kalangan masyarakat alim ulama, buruh petani, pedagang mari bersama-sama  dengan Partai Demokrat maju dalam Pemilu 2014 tinggal mengikuti persyatan dan kriteria yang sudah di tetapkan Partai termasuk menandatangani fakta integritas partai Demokrat," ungkapnya.

Mengenai target jumlah suara dan anggota Legislatif di Pemilu 2014, MM masih optimis untuk mencapai kuota 30 persen suara, bahkan lebih dari itu sesuai target yang di tetapkan DPP Partai Demokrat. (lan)