Luar Biasa Khasiat Apel Hijau Bagi Kesehatan.!

Jumat, 01 Maret 2013

ilustrasi/apel hijau

Hidup sehat hingga tua, menjadi dambaan setiap orang. Untuk mendapatkannya, dibutuhkan pemenuhan pola makan gizi seimbang. Pola makan ini, bisa menjadi dasar dalam menjalankan kehidupan yang sehat, karena segala yang dibutuhkan oleh tubuh akan terisi dengan seimbang.

Pemenuhan gizi bisa dilakukan melalui banyak cara. Salah satunya adalah rutin mengonsumsi apel hijau. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan, seperti yang dirangkum dari banyak sumber, selain rasanya yang menyegarkan, apel hijau juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Bahkan, banyak juga yang berpendapat, bahwa apel hijau bisa membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak, dan melangsingkan tubuh.

Penasaran? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Menyehatkan paru-paru
Apel hijau mengandung antioksidan yang disebut quercetin, yang berfungsi untuk melindungi paru-paru dari serangan polusi udara. Orang yang rutin mengonsumsi apel, terutama apel hijau, memiliki kondisi paru-paru lebih baik, ketimbang yang tidak mengkonsumsinya. Kelebihan tersebut tenyata juga bisa membantu para perokok, yangnotabene berisiko tinggi terhadap kanker paru-paru.

Memperkecil risiko terkena penyakit jantung
Hasil evaluasi penelitian dari 10 prospective cohort studies, di Amerika dan Eropa, yang melibatkan 91.058 laki-laki, dan 245.186 perempuan, menguji pengukuran jumlah serat yang dikonsumsi oleh para peserta selama kurun waktu 6-10 tahun.

Hasilnya, sembilan dari 10 hasil uji tersebut, menunjukkan risiko terkena serangan jantung koroner bisa dicegah dengan mengonsumsi serat kasar. Intinya, dengan mengonsumsi apel hijau yang mengandung serat kasar mampu memperkecil kemungkinan terkena serangan jantung.

Menurunkan risiko terkena stroke
Selain jantung, faktanya apel hijau juga berkhasiat untuk menurunkan risiko terkena stroke. Asam fenolik yang terdapat dalam apel hijau, bertugas menghilangkan radikal bebas dalam darah dan menghindari penyumbatan dalam pembuluh darah. Dimana penyebab dari stroke, ialah adanya penyumbatan pembuluh darah akibat menumpuknya plak di dalam arteri, yang pada akhirnya menimbulkan kerusakan tubuh, karena jaringan di otak tidak cukup mendapat pasokan darah berupa oksigen.

Melangsingkan tubuh dan diet
Untuk mendapatkan tubuh, terutama perut yang langsing, Anda bisa membuat saus apel dari buah apel hijau. Kemudian, saus apel tersebut di campur dengan 250 gram mentega, dan dioleskan pada kue. Ini akan menghasilkan rasa manis alami, dan sedikit kandungan lemak.

Kandungan lemak pada saus apel, hampir serupa dengan kandungan satu cangkir beras merah, yang memiliki tingkat kolesterol dan lemak rendah. Dengan komposisi tersebut,tentunya akan membuat tubuh lebih langsing, dan diet Anda pun menjadi lebih aman.

Melembapkan kulit dan mengurangi kerutan
Masker buah apel hijau bermanfaat untuk membantu menjaga kelembapan kulit ,serta mengurangi kerutan. Caranya, siapkan satu buah apel hijau, satu buah anggur, satu sendok makan perasan jeruk lemon, dan ¼ cangkir lidah buaya. Lalu, blender semua bahan, hingga tercampur rata. Setelah itu, oleskan ke seluruh permukaan kulit, termasuk wajah, dan leher. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan rutin sedikitnya satu minggu sekali, dan lihatlah hasilnya.(bk.1/om)