Dukung Kedaulatan, Inggris Tegaskan Papua Bagian dari RI

Sabtu, 23 Januari 2016

Jakarta, Beritaklik.Com - Organisasi Papua Merdeka (OPM) ingin sekali memisahkan diri dari Indonesia. Namun beberapa negara mendukung penuh Papua tetap jadi bagian dari Indonesia, salah satunya Inggris.


Untuk menunjukkan dukungan pemerintahnya terhadap Pemerintah Indonesia, Duta Besar Kerajaan Inggris Moazzam Malik melakukan lawatan ke Papua. Kedatangan Moazzam ke Papua disambut oleh Gubernur Lukas Enembe.

"Inggris mendukung secara penuh integritas teritori dan kedaulatan Indonesia. Kami mengakui Papua sebagai bagian dari Indonesia. Kami juga mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan organisasi kemasyarakatan dalam menanggulangi masalah-masalah di Papua," kata Dubes Moazzam Malik dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (20/1/2016).

"Kami berharap bisa menyaksikan perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan yang merata di seluruh wilayah bangsa ini," lanjutnya.

Dalam kunjungannya ke Bumi Cenderawasih ini, Moazzam juga akan membahas beberapa masalah dengan pemerintah setempat. Di antaranya mengenai perubahan iklim, pendidikan dan pembangunan.

"Saya sangat senang bisa mengunjungi Universitas Cenderawasih dan Universitas Papua, di mana saya ingin mempromosikan kerjasama pendidikan dengan Inggris," ucap Dubes muslim Inggris pertama untuk Indonesia.
Sumber : detik.com (Bki)