Rapat Sosialisasi Praja IPDN Kampus Riau Magang di Rohil

Ahad, 14 Februari 2016

Bupati H Suyatno, membuka rapat sosialisasi praktek kerja lapangan siswa praja IPDN Kampus Riau di Bagansipiapi, Kabupaten Rokan Rohil, Jumat(12/2/2016), malam.

Bupati H Suyatno, membuka rapat sosialisasi praktek kerja lapangan siswa praja IPDN Kampus Riau di Bagansipiapi, Kabupaten Rokan Rohil, Jumat(12/2/2016), malam.
ROHIL, Beritaklik.Com -
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Riau mengutus 173 siswanya untuk melaksanakan praktek lapangan di instansi pemerintah daerah Kabupaten Rohil. Kegiatan itu sebagai bentuk bahan mata kuliah pokok di sekolah milik pemerintah dalam negeri tersebut.

Kehadiran para pamong praja itupun disambut baik pemerintah daerah Kabupaten Rohil dalam rapat sosialisasi rencana praktek lapangan tahap ke-III, yang dibuka langsung Bupati Rohil H Suyatno, di aula Kantor Bupati Rohil, Bagansiapiapi, Jumat (12/2/2016).

Dalam rapat hadir Direktur IPDN Kampus Riau, M Ilham, Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan, M.Si, Kepala Badan Kepegawaian Rohil H Roy Azlan, Para asisten, kepala dinas, badan dan kantor serta para praja IPDN.

Dalam rapat, Ilham menyebutkan bahwa praktek lapangan para praja IPDn akan berlangsung selama sebulan lamanya terhitung tanggal 5 Maret hingga 2 April 2016. Adapun tujuan praktek lapangan bagi siswa menjadi bekal pengalaman serta memberikan pemahaman tentang tupoksi tiap SKPD dinas.

Tujuan praktek lapangan, lanjut Ilham, guna memberikan pengetahuan dan ilmu pemerintahan bagi praja yang nantinya akan bertugas dipemerintahan. Dirinya berharap, nantinya seluruh SKPD dapat membantu bekerjasama dengan praja IPDN baik itu persiapan tempat pemondokan praja maupun segala sesuatu yang diperlukan.

"Dengan adanya praktek ini, mereka akan lebih muda memahami tugas dan fungsi setiap dinas. Jadi, jika mereka tamat nanti sudah bisa langsung bekerja memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Itu harapan kita,"terangnya.

Hal senada diungkapkan, Bupati Rohil Suyatno, bahwa dirinya menyambut baik mengenai kegiatan mata kuliah praktek lapangan di daerah yang dipimpinya. Baginya, kehadiran praja IPDN Kampus Riau di Rokan Hilir merupakan suatu kebanggaan bagi pemerintah daerah, karena Rohil menjadi salah satu referensi dalam mata ilmu pemerintahan.

Merujuk dari keinginan pihak IPDN, Suyatno, mengintruksikan kepada seluruh jajarannya kiranya supaya membantu dan dapat memberikan pengajaran, pekerjaan serta pengawasan kepada praja yang melakukan prakteknya.

"Saya minta tempat tinggalnya juga diperhatikan agar tidak jauh jalan kaki, pemondokannya juga disiapkan. Ini tanggung jawab camat dan penghulu untuk mencari rumah penduduk yang bisa menampung praja ini selama sebulan,"tegasnya.

Calon bupati Rohil ini tak lupa meminta, supaya para praja dapat belajar dan menyelesaikan tugas pemerintahan, baik mengenai ilmu pemerintahan, ilmu administrasi dan pembangunan yang mengarah kepada kebijakan sosial kemasyarakatan. Inputnya, kata bupati, dapat menambah wawasan bagi siswa.

"Menurut saya pengalaman itu sangat berharga, jadi setelah studi mereka selesai dapat kembali kemasyarakat bekerja dipemerintahan di seluruh Indonesia. Saya yakin, mahasiswa praja IPDN akan mampu membangun birokrasi secara lebih baik, transparan dan akuntabel,"pesanya.(adv/hms)