IPDN Ajukan Syarat Supaya Tetap Berdiri di Rohil

Ahad, 14 Februari 2016

IPDN Kampus Rohil.

ROHIL, Beritaklik.Com - Rencana usulan pemindahan IPDN Kampus Rohil dari pihak Kemendagri ternyata benar, mereka telah melakukan peninjauan kebeberapa lokasi dan ternyata Kabupaten Rohil masih dianggap layak. Pihak IPDN sendiri meminta beberapa syarat supaya kampus jebolan calon pamong praja tetap berada di Rohil.

Demikian diungkapkan Direktur IPDN Kampus Rohil, M Ilham, saat kegiatan ekspos persiapan

Praktek Kerja Lapangan (Pkl) siswa praja, Jumat (12/2/2016) malam. Menurutnya, IPDN Kampus Rohil tetap akan berdiri apabila pihak pemerintah daerah memiliki komitmen melengkapi kekurangan sarana prasaranya.

"Kendala utama di Rohil ini pinjam pakai lahan yang sudah berakhir tahun 2014 lalu. Jadi harus ada surat pinjam pakai yang baru diteken oleh eselon I dari Kementerian Dalam Negeri dan pihak Pemda Rohil,"jelas Ilham.

Lanjutnya, persoalan vital lain yakni mengenai ketersedian pasokan listrik dan air yang masih menjadi kendala, serta sulitnya sarana transportasi para praja. Dirinya meminta pihak pemerintah daerah membantu melengkapinya,"Jadi kita bisa jelaskan ke pusat bahwa Rohil memang benar-benar layak,"ungkapnya.

Ilham menambahkan, isu perpindahan IPDN sempat mencuat dan langsung mendapat intruksi Mendagri. Adapun opsi pertama lokasi yang disurvey, yakni Kabupaten Kampar, Pekanbaru dan Kalimantan.

Direktur yang baru menjabat 5 bulan ini menerangkan secara rinci bahwa, untuk Kabupaten Kampar memang tidak siap karena hanya menyiapkan Eks Kantor Bupati. Sementara, untuk Pekanbaru juga tidak siap karena lokasinya kini dibangun rumah susun.

"Untuk Pekanbaru membuat kita kaget adalah lokasi untuk kampus malah eks lokalisasi," ungkapnya.

Sedangkan, opsi ketiga adalah di Kalimantan, katanya, dinyatakn tak layak karena mereka baru hanya sebatas menyiapkan lahan, sedangkan infrastruktur belum dibangun. Jadi, dari semuanya ternyata Rohil dinilai yang paling layak.

Pada kesempatan itu Bupati Rokan Hilir H Suyatno, mengatakan informasi yang diberikan pihak IPDN sangat berharga. Pemerintah daerah Kabupaten Rohil dan masyarakat sendiri ingin mempertahankan IPDN tetap berada di Rohil.

"Kita apresiasi pak Ilham, komitmen beliau tentunya akan kita perhatikan. apalagi untuk

tetap mempertahankan Kampus kebanggan kita ini berada di Rohil,"kata Bupati.

Suyatno menegaskan, persoalan membenahi dan melengkapi sarana dan prasarana kampus pamong praja itu bukan hanya pemerintah daerah melainkan pihak Propinsi Riau, namun kebetulan aja Kampusnya berada di Rohil.

Bupati sendiri berjanji akan melengkapi fasilitasnya secara bertahap, dan mengenai masalah surat pinjam pakai yang belum diperbaharui, secepatnya bakal diperbaharui. Kemudian, mengenai air bersih akan dimaksimalkan tahun ini.

"Pemkab juga memberikan hibah 1 unit bus dan semua kita lakukan sebagai salah satu dukungan kita agar Kampsu IPDN ini bisa tetap beraktifitas di Rohil. Tahun ini, kita anggarkan Rp5 miliar untuk pembangunan masjidnya,"tegas bupati.(adv/hms)