Obat Maag akan meningkatkan risiko penyakit ginjal

Senin, 22 Februari 2016

Beritaklik.Com - OBAT maag memang menjadi penyelamat untuk orang-orang yang memiliki masalah berkaitan dengan asam lambung. Namun ternyata terbiasa mengonsumsi obat ini bisa berbahaya terhadap kesehatan ginjal.


Para peneliti dari Johns Hopkins University di Baltimore, Maryland menemukan bahwa sering mengonsumsi obat untuk mengatur asam lambung justru akan meningkatkan risiko penyakit ginjal nantinya, dibanding bila tidak mengonsumsinya. Penelitian ini dipublikasikan di JAMA Internal Medicine.

Perlu dicatat bahwa penelitian yang menemukan hubungan belum tentu berarti menyebabkan secara langsung. Dibutuhkan penelitian yang lebih dalam untuk menentukan apakah ada sebab langsung dari obat atau efek samping dari perilaku lain. Atau bisa jadi orang-orang yang harus mengonsumsi obat ini justru berisiko terkena penyakit ginjal dari awal.

Para peneliti menganalisis data dari 10.482 partisipan dari penelitian Atherosclerosis Risk in Communities (ARIC) yang diikuti dengan median hampir 14 tahun. Mereka kemudian mereplikasi hasilnya menjadi cohort yang lebih besar dengan 248.751 partisipan yang diteliti dengan median 6 tahun, dimana partisipan ini merupakan bagian dari Geisinger Health System di Pennsylvania.

Orang-orang yang sering mengonsumsi obat seperti ini lebih mungkin memiliki masa indeks tubuh serta cenderung mengonsumsi aspirin, statin, atau obat untuk mengatur tekanan darah tinggi.

Mereka menemukan bahwa lebih banyak pengonsumsi obat untuk penyakit lambung yang terkena penyakit ginjal kronis dibanding orang-orang yang tidak mengonsumsi obat ini pada grup ARIC. Ketika analisis ini dilakukan pada grup Geisinger, hasilnya juga konsisten.


Yang pasti, para peneliti memiliki basis untuk memulai penelitian yang lebih detail, terutama untuk mencari penyebabnya. (Bki)