Bupati Bengkalis Ajak Masyarakat Sukseskan Gerakan Magrib Mengaji

Ahad, 10 Maret 2013

Pembukaan MTQ XVIII tingkat Kecamatan Bantan. (bku)

BENGKALIS-Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh mengajak seluruh komponen masyarakat proaktif dalam menyukseskan pembangunan Kabupaten Bengkalis ke arah yang lebih baik. Pemkab berkomitmen melaksanakan pembangunan desa sesuai dengan RPJMD 2010-2015. 

“Kita berkomitmen melaksanakan pembangunan daerah ini secara bertahap dan disesuaikan dengan geografis wilayah. Untuk Kecamatan Bantan insyallah tahun ini sudah kita siapkan anggaran milyiaran rupiah untuk pembangunan infrastruktur,” ucap Bupati disambut aplus ribuan masyarakat Bantan yang hadir ketika membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVIII tingkat Kecamatan Bantan yang dipusatkan di halaman SMP Negeri 3 Desa Bantan Tengah, Jumat (8/3) malam. 

Sempena membumikan AlQuran, Bupati juga mengimbau untuk terus memotivasi anak-anak dan generasi muda dan orang tua untuk giat membaca Al Quran usai salat Maghrib. Diharapkan dapat membentuk pribadi yang santun dan berakhlak mulia. 

“Mari mengaktifkan tradisi Maghrib mengaji atau tradisi membaca Al Quran usai shalat Maghrib. Jangan biasakan anak-anak kita menonton televisi pada waktu maghrib,” imbau Bupati. 

Sebelum dibuka, sorenya digelar pawai takruf yang diikuti sekitar 3.000 peserta. MTQ diikuti sembilan desa dan satu utusan LPTQ Kecamatan Bantan dengan jumlah 165 peserta dan 35 orang ofisial. Ada empat cabang yang diperlombakan, yaitu Tilawah Al Quran (golongan anak-anak, golongan remaja, golongan dewasa dan golongan tartil), Syarhil Quran dan Khattil Qur'an (golongan hiasan mushaf, golongan naskah dan golongan dekorasi). Acara pembukaan disaksikan ribuan masyarakat kecamatan Bantan yang berasal dari seluruh penjuru desa yang ada.

MTQ Bantan diikuti 165 peserta dan 35 orang official terdiri dari utusan kafilah 9 desa dan
1 utusan dari LPTQ Kecamatan Bantan. Para peserta akan berkompetisi di 4 cabang hingga 12 Maret mendatang. Di sela-sela pelaksanaan kegiatan MTQ ini, juga digelar berbagai perlombaan, seperti memasak antar kaum ibu-ibu PKK, grup rebana dan bazar. 

Acara pembukaan dihadiri Wakil Bupati Bengkalis H Suayatno, anggota DPRD Bengkalis Salfian Daliandi, para pejabat Eselon II dan III, Camat Bantan Nazly, Perwakilan Kemenag Syafwan Muhajir dan Kepala Desa se-Kecamatan Bantan.

Bupati juga berharap melalui pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Bantan ini, mampu menjadi penyaring terhadap aspek-aspek negatif yang ditimbulkan perkembangan zaman. Ia sangat prihatin terhadap pengaruh negatif yang menjangkiti sebagian generasi muda, seperti narkoba, kenakalan remaja, minuman keras, pergaulan bebas bahkan judi. (bku)