Tentang Tsunami di Mentawai, ini penjelasan BMKG

Jumat, 04 Maret 2016

Peta lokasi pusat gempa bumi dan mekanisme sumber gempa bumi tanggal 2 Maret 2016, pukul 19:49:41 WIB. Foto: BMGK.

Jakarta, Beritaklik.Com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberikan penjelasan terkait gempa berkekuatan 7,8 skala richter di lepas pantai barat daya Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Terlebih, getaran sempat disebut berpotensi menyebabkan tsunami.

Gempa diketahui terjadi pada 2 Maret 2016, pukul 19:49:41 WIB. Pusat gempa berada pada titik 4.92°LS dan 94.39°BT dengan kedalaman 10 km.

"Berdasarkan hasil analisis sumber gempa bumi dari BMKG, gempabumi tersebut mempunyai mekanisme sumber berupa patahan geser," kata BMKG dalam situsnya, Kamis (3/3/2016).

Berdasarkan pemodelan tsunami, gempa tersebut dapat berpotensi menimbulkan ancaman tsunami kecil, tidak signifikan. Wilayah yang terpapar berada di sekitar pusat gempa, yaitu, Nias, Kepulauan Pagai, Tanah Bala, Simeulue, Bengkulu, Pesisir Selatan, Nias bagian timur, dan sekitarnya.

"Hasil catatan observasi muka laut di Padang dan Cocos Island, Australia, terekam kenaikan muka air laut masing-masing 5 cm dan 10 cm," tambah BMKG.

Dengan demikian, BMKG menyimpulkan gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami signifikan. BMKG pun mengakhiri peringatan dini tsunami pada 22:32:42 WIB untuk seluruh wilayah Indonesia.

Sumber : metronews.com (Bki)