Presiden: Menteri Jangan Bersilat Lidah dan Mencari-cari Alasan.!

Kamis, 14 Maret 2013

Presiden SBY

Jakarta.Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan para menteri untuk tidak mencari-cari alasan ketika terjadi kenaikan harga komoditas pangan. Presiden menginstruksikan para menteri segera mencari solusi, melaksanakan, hingga akhirnya harga kembali stabil.

"Saya ingatkan, jangan bersilat lidah di hadapan pers. Carikan solusinya, atasi dan kemudian hasilnya ada," kata Presiden ketika membuka sidang kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (14/3/2013).


Sidang kabinet terbatas itu dihadiri para pembantunya yang membidangi masalah ekonomi. Agenda utama sidang kabinet yakni penyusunan rencana kerja pemerintah dan RAPBN 2014.

Presiden mengatakan, para menteri tidak perlu berdebat panjang atau saling membantah ketika berhadapan dengan kenaikan harga komoditas pangan. Mengacu teori ekonomi paling sederhana, kata dia, pasti ada permasalahan antara permintaan dan suplai barang jika terjadi kenaikan harga.

Presiden mengaku mendapat banyak menerima pesan singkat dari rakyat yang meminta agar dirinya turun tangan mengurusi masalah melonjaknya harga bawang merah dan bawang putih, serta daging sapi. Hanya, Presiden masih berpendapat masalah itu bisa ditangani kementerian terkait.

Namun, melihat pemberitaan dan komentar masyarakat belakangan ini, Presiden menilai belum ada langkah serius dari kementerian terkait untuk menyelesaikan masalah bawang dan daging sapi.

"Kalau memang saudara merasa tidak klop, bawa ke tempat saya, saya putuskan nanti. Tapi saya masih yakin, bisa diatasi dengan koordinasi, kerja sama, dan duduk bersama. Sekali lagi, mari kita utamakan untuk penuhi apa yang dirasakan, diinginkan rakyat sekarang ini, untuk kehidupan yang lebih baik, lebih tenang," pungkasnya.(bk.1/TI)