SKPD Diminta Siapkan Tahapan Pelaksanaan Kegiatan 2013

Jumat, 15 Maret 2013

sekda bengkalis

BENGKALIS- APBD Bengkalis selesai diverifikasi dan sudah ditandatangani oleh Gubernur Riau. Walaupun ada beberapa RKA yang diperbaikan, tetapi secara prinsip tahapan kegiatan tahun 2013 sudah dapat dilaksanakan.

Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, H Asmaran Hasan ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (15/3).

Sekda menghimbau agar satuan kerja perangkat daerah segera menyiapkan segala sesuatu menyangkut tahapan pelaksanaan kegiatan tahun 2013 menyusul telah selesainya APBD Bengkalis diverifikasi oleh provinsi. Seperti menyiapkan uraian rencana pelaksanaan kegiatan baik triwulan maupun satu tahun anggaran serta perangkat pelaksananya.

Dipaparkan Sekda, dirinya sudah memerintahkan seluruh SKPD untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan tahun 2013, mulai dari uraian pelaksanaan kegiatan baik triwulan maupun  satu tahun anggaran, menunjuk kuasa pengguna anggaran (KPA), pejabat pembuat komitmen (PPK), pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK), bendahara serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

“Persiapan untuk pelaksanaan kegiatan sudah jalan. Saya sudah perintahkan semua SKPD untuk mempersiapkannya,” tegas Sekda.

Demikian halnya untuk pejabat yang mengisi SOTK baru maupun SKPD yang mengalami perubahan nomenklatur. Menurut Sekda, semuanya sudah dilantik di masing-masing dinas. Sementara untuk pejabat yang non eselon sedang dipersiapkan SK penempatannya oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

“SKPD harus bergerak cepat. Saya berharap November semua kegiatan sudah selesai sehingga di akhir tahun kita tidak lagi dikejar-kejar menyiapkan laporan dan sebagainya seperti tahun-tahun yang telah sudah. Silakan ajukan cuti atau libur akhir tahun kalau semua pekerjaan sudah beres,” harap Sekda.

Sekda optimis ini bisa tercapai jika semua SKPD mau mengubah pola kerja selama ini. Kuncinya bagaimana mengatur target rencana kerja dengan baik, mulai dari uraian rencana kerja triwilan hingga satu tahun anggaran. Misalnya untuk kegiatan-kegiatan yang bisa disegerakan seperti penunjukan langsung (PL), laksanakan secepatnya tanpa harus menunggu akhir tahun.

“Pengalaman kita selama ini, semua menumpuk di akhir tahun. Padahal ada pekerjaan yang bisa dilaksanakan lebih awal tanpa harus tender, tapi dilaksanakan bersamaan dengan paket-paket yang harus tender. Tahun ini kita berharap hal itu bisa diubah, kalau bisa dilaksanakan di Juni atau Juli, kenapa tidak,” tutup Sekda. (bku)