Bupati Ajak Bersama-sama Sukseskan Pembangunan Pendidikan di Bengkalis

Selasa, 29 Maret 2016

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin meninjau pelaksanaan Gebyar Try Out Akbar Tingkat SMP/MTs se-Mandau dan Pinggir di Aula Lembaga Adat Melayu Riau, Duri, Mandau, Selasa (29/3/2016).

DURI-Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, mengajak seluruh lapisan masyarakatnya berpartisipasi aktif dalam menyukseskan pembangunan bidang pendidikan. Tanpa dukungan semua pihak, termasuk keluarga, tujuan pendidikan nasional sulit dicapai dengan baik.

Dikatakan Amril, meskipun dalam undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional dijelaskan bahwa pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia. Namun, setiap warga negara Indonesia, juga tidak dilarang bila turut serta dalam menyukseskannya.

"Sebaliknya, justru peran dimaksud sangat diharapkan agar proses pendidikan dapat berjalan dengan lebih baik. Karenanya, seluruh komponen masyarakat termasuk keluaga, semestinya ikut mengambil peran dalam menyukseskan pendidikan nasional. Tidak terkecuali Kecamatan Mandau dan Pinggir," ajaknya ketika meninjau pelaksanaan Gebyar Try Out Akbar Tingkat SMP/MTs se-Mandau dan Pinggir di Aula Lembaga Adat Melayu Riau, Duri, Mandau, Selasa (29/3/2016). ketika meninjau pelaksanaan Gebyar Try Out Akbar Tingkat SMP/MTs se-Mandau dan Pinggir di Aula Lembaga Adat Melayu Riau, Duri, Mandau, Selasa (29/3/2016).Bukan di Aula SD Negeri 2 Pokok Jengkol seperti diinformasikan sebelumnya.

Di bagian lain, mantan Kepala Desa Muara Basung, Pinggir ini menjelaskan, kemajuan kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Untuk itu, khususnya dalam lima tahun ke depan (2016-2021), pembangunan bidang pendidikan ini tetap menjadi prioritas utama pembangunan di di Kabupaten Bengkalis.

Dia berharap, setiap upaya yang telah, sedang dan akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kemajuan bidang pendidikan, juga diikuti keinginan dari dalam diri setiap siswa dan siswi di daerah ini untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Lebih-lebih di era persaingan global seperti sekarang yang kian hari semakin kompetitif.

"Jadikan gebyar try out akbar ini sebagai salah satu memotivasi untuk lebih meningkatkan prestasi belajar. Apalagi dalam waktu yang tidak begitu lama lagi, kalian semua akan mengikuti ujian nasional. Jadikan kegiatan ini sebagai bahan evaluasi untuk semakin mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian dimaksud," pesanya disambut tepuk tangan sekitar 1.000 peserta try out.

Kepada seluruh majelis guru SMP/MTs di Mandau dan Pinggir khususnya, Amril berharap,  kalau memang ada pelajaran yang dirasa perlu ditingkatkan penguasaannya oleh anak didik, lakukan upaya-upaya konkrit.

Katanya, meskipun pelaksanaan ujian nasional sudah dekat, namun waktu untuk itu masih ada. Misalnya dengan memberi jam pelajaran tambahan di luar jam sekolah. "Sedangkan kepada seluruh orang tua siswa dan siswi, kami harapkan untuk semakin meningkatkan pengawasannya. Pantau anak-anak kita saat belajar di rumah dengan sebaik-baiknya. Jangan biarkan mereka banyak bermain, lebih-lebih pada malam hari," pesannya.***