Bandara Pinang Kampai Dumai Siapkan Rute Penerbangan Jarak Dekat

Ahad, 17 Maret 2013

Bandara Pinang Kampai

DUMAI.Pengelolaan bandara udara pinang kampai dumai yang diberikan kepada Dinas perhubungan kota dumai nampaknya perlu penataan ulang. Bandara udara itu, belum ada memberikan pemasukan bagi dishub karena kurang maksimalnya pelayanan serta jadwal penerbangan. Makanya dalam rangka memaksimalkan pelayanan agar dapat memberikan keuntungan, dishub ke depannya akan mempersiapkan penambahan rute penerbangan dengan mempriorotaskan rute jarak pendek menggunakan pesawat peristis. 
Dana pengeluaran yang dikeluarkan oleh Pemko dengan dengan jumlah miliaran puriah  melalui dana APBD tidak sebanding dengan pemasukkan yang ada. Dengan kata lain bisnis yang dijalankan oleh Dishub melalui bandara hanya menghabiskan uang rakyat tanpa dirasakan masyarakat Dumai secara keseluruhan terhadap manfaat bandara yang ada.

Meski bisnis dibidang udara tersebut terus mengalami devisit tanpa memberikan efek yang nyata kepada masyarakat Kota Dumai Dishub malah akan menjadikan bandara Pinang Kampai tersebut menjadi bandara perintis untuk penerbangan jarak dekat seperti Dumai-Batam, Dumai-Pekanbaru dan Dumai-Medan.

Kepala Dinas Perhubungan Taufik Ibrahim mengatakan sampai saat ini pegelolaan bandara Pinang Kampai tersebut belum mendapatkan keuntungan dan pihak Pemerintah masih mengalami devisit dari dana yang harus dikeluarkan.

"Meski merugi namun Dishub akan tetap menjadikan bandara perintis untuk penerbangan jarak dekat guna memeberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Dumai," ujar Taufik.

Untuk diketahui meski sampai saat ini Pemko Dumai telah mendapatkan hak untuk melakukan pengolahan terhadap bandara Pinang Kampai tersebut namun untuk kepemilikan bandara tetap menjadi milik Pertamina, dengan demikian untuk biaya operasional bandara secara langsung ditanggung oleh Pemko Dumai.(bk.5ndu’t)