75 Persen CJH Rohul Telah Siap Untuk Diberangkatkan Ketanah Suci Mekah

Sabtu, 23 April 2016

Rokan Hulu, Beritaklik.Com - Sebanyak 254 calon jamaah haji asal rokan hulu telah siap untuk di berangkatkan ke tanah suci mekah pada awal agustus 2016 mendatang,,karena saat ini kementrian agama rokan hulu telah sampai pada tahap penyiapan paspor calon jamaah haji ,saat ini dalam pembuatan paspor telah di bayarkan secara pribadi oleh 195 orang calon jamaah haji ,yang mana biaya pembuatan paspor akan di bayarkan oleh pemerintah dengan nilai 350 ribu rupiah setelah pulang dari tanah suci nantinya,hal itu di ungkapkan kakan kemenag rokan hulu Drs.H.Ahmad Supardi melalui kasi Haji dan Umroh Kementrian agama Rokan Hulu ,Elfalisman (20/4/16).


"Saat ini untuk keberangkatan calon jamaah haji rohul kemarin kita telah membayar kan dalam pembuatan paspor,yang dananya di bayar sendiri oleh jamaah nanti setelah pulang akan di ganti oleh pemerintah senilai Rp.350.000. "ungkap Elfalisman.

Di tahun 2016 ini calon jamaah haji rokan hulu meningkat sekitar 15 persen apabila di bandingkan dengan tahun sebelumnya pada 2015 hanya berjumlah 230 jamaah haji,perubahan tersebut terjadi karena adanya dampak dari pemotongan kuota jamaah sebanyak 20 persen oleh pemerintah Arab Saudi.

Elpalisman mengatakan apabila tidak ada pemotongan kuota jamah, kemungkinan calon jamaah haji rokan hulu akan mencapai sebanyak 350 orang calon jamaah.dari total 254 calon jamaah haji yang akan berangkat,telah termasuk 19 orang calon jemaah haji cadangan,di tahun 2016 ini rata-rata usia calon jamaah haji yang akan berangkat berusia 50 tahun ke atas.

"Di tahun ini calon jamah haji meningkat dari tahun dulu 2015,klo tidak ada pemotongan kuota dari arab Saudi sebesar 20 persen mungkin calon jamaah haji rohul akan mencapai tiga ratus lebih setiap tahunnya. "jelas Elfalisman.

Elfalisman mengatakan,,dalam keberangkatan calon jamaah haji rokan hulu di tahun 2016 ini minat masyarakat rokan hulu selalu meningkat , dari tahun ketahun karena keberangkatan calon jamaah haji reguler tidak pernah bermasalah karena bagi yang telah terdaftar atau mendapatkan nomor poksi akan di pastikan keberangkatannya menunaikan ibadah haji, oleh sebab itu elfalisman berharap kepada calon jamaah haji rokan hulu yang akn berangkat pada awal agustus 2016 mendatang untuk menyiapkan fisik dari segi kesehatan dan meluruskan niat dalam menunaikan ibadah haji nantinya ,jelang keberangkatan pada awal agustus 2016 mendatang seluruh calon jamaah haji telah menjalani tes kesehatan tahap pertama oleh dinas kesehatan, berdasarkan data dari kementrian agama rokan hulu sejauh ini kondisi seluruh calon jamah haji rokan hulu dalam keadaan sehat dan siap untuk di berangkat kan pada awal agustus 2016 mendatang.

"Alhamdulillah jelang keberangkatan seluruh calon jamaah haji saat ini dalam keadaan sehat,berdasarkan terkesehatan pertama dinas kesehatan ,tidak ada calon jamaah haji yang memiliki penyakit kronis atau menular,,dan nanti semoga semuanya bisa di berangkatkan. "jelasnya. (Bkm)