Ada Perubahan Jadwal Roro Air Putih-Sei Selari

Rabu, 20 Maret 2013

BENGKALIS.Perubahan jadwal keberangkatan feri penyeberangan roro Air Putih-Sei Selari atau sebaliknya seyogyanya dimulai, Selasa (19/3) kemarin. Karena ada beberapa hal, perubahan jadwal keberangkatan baru dilaksanakan hari ini.

KMP Swarna Putri dan KMP Banyumas semula akan melaksanakan docking mulai Selasa (19/3). Sehingga praktis hanya tinggal dua armada kapal roro yang tersisa melayani penyeberangan, yaitu KMP Tasik Gemilang dan KMP Aeng Mas. Kondisi ini tentunya  membuat jadwal penyeberangan mengalami perubahan.

Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkalis, Arman AA melalui Kepala Bidang Perhubungan Darat Radius Akima, Selasa (19/3), membenarkan terjadinya penundaan pemberlakuan perubahan jadwal tersebut akibat dua kapal roro yang akan melaksanakan docking menunda keberangkatan satu hari.

“Perubahan jadwal keberangkatan maupun kedatangan kapal roro diundur sehari, dari hari ini menjadi besok. Ini tidak berpengaruh karena kita sudah menerbitkan jadwal keberangkatan sesuai dengan jarak tempuh pelayaran serta kelaikan jalan kapal yang ada sekarang,” jelas Radius.

Mantan Camat Rupat Utara ini juga menyinggung  soal adanya keinginan untuk menambah armada kapal roro satu unit lagi. Namun setelah dilakukan rapat bersama antara Dishubkominfo dengan pihak pengelola pelayaran, sampai sekarang tidak ada armada feri roro yang menganggur di seluruh Indonesia.

“Awalnya kita tetap berupaya dalam sebulan kedepan dilakukan penambahan armada roro minimal satu unit. Akan tetapi hal tersebut tidak dapat dipenuhi karena semua kapal roro yang ada sudah beroperasi melayari berbagai rute penyeberangan diseluruh Indonesia,” papar Radius.

Ia membenarkan bahwa setiap trip penyeberangan roro arus kendaraan cukup tinggi. Mobilitas masyarakat menggunakan jalur darat via penyeberangan roro sangat tinggi. Pihak Dishubkominfo sendiri setakat ini tidak dapat berbuat banyak, karena keterbatasan armada yang.

“Situasi ini akan terjadi dalam sebulan kedepan. Dua armada roro yang sebelumnya beroperasi menjalani masa docking selama sebulan. Kepada pengguna jasa roro diminta bersabar apabila dalam kurun waktu sebulan ini bakal sering terjadi antrian menyeberang,” imbau Radius.(bk.u)