Konsep Awal Alami Perubahan, Pembangunan Terminal Roro Sei Selari Dilanjutkan

Kamis, 21 Maret 2013

BENGKALIS — Pembangunan terminal di pelabuhan penyeberangan roro Sei-Selari, Bukitbatu yang sempat terbengkalai dua tahun akan dilanjut kembali penyelesainnya tahun ini. Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui APBD 2013 sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp6 miliar untuk pengerjaannya sehingga diharapkan bisa berfungsi akhir tahun nanti.

Anggaran sebesar Rp6 miliar itu akan dialokasikannya untuk mengubah konsep terminal terpadu antar moda menjadi terminal sekaligus perkantoran UPT Dishubkominfo Sei-Pakning serta fasilitas pendukung lainnya, seperti ruang tunggu VIPP penumpang roro, musala serta lokasi masuknya kendaraan penumpang roro.

“Tahun ini kita usulkan sebesar Rp6 miliar untuk melengkapi fasilitas dalam terminal. Sebelum dilaksanakan kita juga minta dilakukan audit oleh Inspektorat.,” ujar Kepala Dishubkominfo Bengkalis, Arman AA didampingi Kepala Bidang Perhubungan Darat Radius Akima, Rabu (20/3).

Terkait permintaan audit terhadap bangunan yang sudah ada, papar Arman, pihaknya sudah menyampaikan surat resmi kepada Inspektorat. Diharapkan audit tersebut bisa rampung menjelang proses tender dimulai.

Dipaparkan Arman lagi, rencana optimalisasi bangunan terminal di pelabuhan roro Sei Selari merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pelayanan dan perekonomian masyarakat, termasuk  perubahan konsep dari terminal terpadu dengan tujuan memberikan manfaat serta kenyamanan para pengguna jasa penyeberangan.

“Disana nanti lengkap dengan fasilitas pelayanan para penumpang. Mulai dari tempat ibadah, kantin atau pusat perbelanjaan, parkir kusus roda dua dan empat, Kantor Pelayanan UPT Dishukominfo Sei-Pakning, ruang tunggu VIPP khusus penumpang. Kita fokus pada pelayanan yang lebih baik lagi bagi penumpang,” tutupnya. (man)