Pelabuhan Batu Panjang Diperbaiki Tahun Ini

Kamis, 21 Maret 2013

RUPAT– Mengingat perannya yang sangat vital dalam bidang perekonomian, Pelabuhan Batu Panjang Kecamatan Rupat akan segera diperbaiki oleh Pemkab Bengkalis tahu ini.  Perbaikannya akan disesuaikan dengan kebutuhan lalu lintas penumpang dan barang, namun tidak bersifat permanen.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang Perhubungan Laut, Indra Buana, Rabu (20/3), menjelaskan bahwa kerusakan pada sejumlah bagian pelabuhan tersebut hanya pada lantai menuju dermaga karena banyak kayu yang sudah lapuk sehingga cukup menyulitkan pengguna jasa pelabuhan tersebut. Pihak Dishubkominfo sendiri telah menganggarkan perbaikannya pada APBD tahun 2013 ini.

“Pelabuhan Batu Panjang ini segera kita perbaiki secepatnya karena menyangkut aktivitas perhubungan maupun perekonomian masyarakat. Anggarannya sudah tertuang dalam APBD 2013 dan kita harapkan pengerjaannya tidak memakan waktu lama,”papar Indra Buana.

Menyangkut tidak dibangunnya pelabuhan permanen di Batu Panjang, ia menyampaikan tahun ini akan dibangun pelabuhan kargo khusus barang di Batu Panjang yang bersumber dari APBN. Lokasinya tidak begitu jauh dari lokasi pelabuhan lama yang ada sekarang dan proses pembangunannya sudah mulai dilaksanakan.

Menyangkut pelabuhan penumpang, Indra menyebutkan bahwa pihak Dishubkominfo sendiri sudah melakukan konsultasi dengan pelinda serta Adpel. Pelabuhan yang ada sekarang sudah cukup memadai, hanya butuh perbaikan untuk kenyamanan penumpang serta aktivitas barang menjelang pelabuhan kargo selesai dibangun.

“Untuk pelabuhan kargo yang dibangun di Pulau Rupat akan disesuaikan dengan kebutuhan jangka panjang. Apalagi pulau Rupat masuk sebagai sentra pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya Bengkalis dengan mengandalkan sektor pariwisata,” ujarnya. (man)