Bengkalis Usulkan 3.000-an Formasi CPNS

Jumat, 22 Maret 2013

Suasana tes CPNS beberapa waktu lalu. (doc)

BENGKALIS-Badan Kepegawai Daerah Kabupaten Bengkalis mengusulkan sekitar 3.000-an formasi untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun 2013. Pengusulan tersebut berdasarkan kebutuhan pegawai yang masih kurang saat ini, khususnya untuk tenaga medis dan guru.

"Formasi yang kita usulkan pada Februari lalu sekitar 3.000-an. Seribu lebih untuk tenaga kesehatan dan guru, sisanya untuk tenaga teknis lainnya," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bengkalis melalui Sekretaris Noor Alamsyah, Kamis (21/3).

Hanya saja, papar Sekretaris BKD, semua tergantung kepada pusat berapa kuota yang disetujui nanti mengingat penerimaan CPNS ini bersifat nasional. Banyaknya jumlah formasi yang diusulkan dikarenakan kondisi Kabupaten Bengkalis saat ini memang kekurangan pegawai, terutama sekali untuk guru dan tenaga kesehatan. Mengapa guru dan tenaga kesehatan masih cukup banyak yang kurang, menurut Alam disebabkan penempatannya sampai ke tingkat desa. Kalau untuk teknis lainnya hanya sampai di tingkat kelurahan saja. Ditambah lagi adanya penambahan satuan kerja perangkat daerah yang baru sehingga butuh penambahan pegawai.

“Penyebab lainnya moratorium penerimaan CPNS sudah berlangsung dua tahun. Sementara setiap tahunnya ada sekitar 300 pegawai kita yang pensiun. Berarti selama dua tahun ada sekitar 600 pegawai yang pensiun," jelas Alamsyah.

Diakui Alamsyah, tidak semua formasi yang diusulkan tersebut akan dipenuhi pusat sekaligus. Tergantung berapa kuota yang tersedia untuk masing-masing kabupaten dan kota nantinya. Sejauh ini pihaknya belum mendapat informasi berapa kuato yang diberikan pusat kepada Kabupaten Bengkalis.

"Sejauh ini kita belum tahu berapa kuota yang diberikan pusat dari jumlah formasi yang kita usulkan. Semua yang menentukan pusat, kita hanya mengusulkan sesuai kebutuhan yang ada," tutupnya. (bku)