Bupati Tunjuk Tiga Pejabat Pemantau Kinerja

Kamis, 04 April 2013

Bupati Bengkalis lantik pejabat Eselon II dilingkungan Pemkab Bengkalis. (bku)

BENGKALIS-Untuk mengisi jabatan yang kosong dan penyegaran, Bupati Bengkalis H Herliyan melantik tiga pejabat eselon II dan dua camat di Lantai IV Kantor Bupati,  Rabu (3/4) malam.

Adapun pejabat eselon II yang dilantik adalah H Amir Faisal sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Sebelumnya Amir menjabat kepala Dinas Pertanian dan Perternakan.  Sementara jabatan yang ditinggalkan Amir masih kosong.

Selanjutnya H Herman Mahmud menjabat sebagai sebagai Dinas Perkebunan dan Kehutanan menggantikan Ismail. Ismail menempati posisi yang ditinggalkan Herman sebagai Kepala Badang Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian.

Bupati juga melantik Azman yang sebelumnya menjabat kepala bidang di Dinas Sosial sebagai Camat Rupat Utara. Kemudian Muhammad Fadlul Wadji sebagai Camat Bukitbatu, sebelumnya ia menjabatnya Sekcam Mandau.

Sebelum Bupati melantik kepala dinas dan camat, di tempat yang sama Sekreratis Daerah H Asmaran Hasan melantik sejumlah pejabat eselon III dan IV di Sekretariat Daerah.  Diantaranya Kabag Humas ditempati Andris Wasono (jabatan sebelumnya Camat Bukitbatu),  Kabag Kesra Muhammad Toha (jabatan sebelumnya Sekretaris Diklat) dan Kabag Umum Agus Syofyan (jabatan sebelumnya Camat Rupat Utara).  

Dalam pengarahannya Bupati menegaskan dirinya sudah menujuk tiga pejabat untuk mengawasi dan terus melakukan evaluasi kinerja para pejabat di lingkup Pemkab Bengkalis. Jika dari hasil evaluasi diperoleh hasil kinerja pejabat terkait tidak memuaskan, langkah penting akan dilakukan termasuk mengganti pejabat bersangkutan.

Pada kesempatan itu Bupati juga menegaskan penandatanganan fakta integritas dan kontrak kinerja bukan kegiatan seremonial biasa, tapi menjadi dasar bagi dirinya untuk melakukan evaluasi pejabat terkait.

 “Jangan pandang remeh penandatanganan fakta integritas dan kontrak kerja yang baru saja saudara lakukan. Hal ini menjadi dasar bagi saya untuk melakukan evaluasi setiap tiga bulan sekali. Tentunya akan ada beberapa kebijakan serta keputusan dari evaluasi yang saya lakukan, apalah saudara bekerja dengan sungguh-sungguh dan profesional atau sebaliknya,” tegas Bupati.

“Siapa ketiga pejabat tersebut tak ada yang tahu. Yang jelas ketiganya akan terus melakukan pemantauan terhadap kinerja saudara,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Bupati juga mengingatkan seluruh SKPD untuk segera menetapkan PA, KPA, PPTK, bendahara serta perangkat pelaksanaan kegiatan APBP tahun 2013. Dirinya ingin itu dilakukan dengan cepat.

“Saya harap tanggal 5 April nanti semuanya sudah selesai dan SK-nya sudah saya tandantangani. Bagi SKPD yang belum melakukan pelantikan pejabat segera lakukan,”  Perintah Bupati.

Pada kesempatan itu Bupati meluahkan kekesalannya pasca ditangkapnya dua PNS Bengkalis karena nyabu di Kantor Bupati. Seharusnya PNS menjadi contoh bagi masyarakat umum, bukan malah mempertontonkan perbuatan yang melanggar hukum.

“PNS sejatinya sebagai teladan, bukan malah melanggar hukum. Saya benar-benar terpukul dengan kasus ini dan menyatakan zero toleransi. Pegawai bersangkutan akan kita berhentikan. Kepada semua PNS lingkup Pemkab Bengkalis, saya harap kasus ini menjadi pembelajaran berharga dan menjadi komitmen kita bersama untuk memberantas narkoba,”ujarnya. (bku)