KPU Verifikasi Kelengkapan Admnistrasi Daftar Caleg-Bacaleg Kampar

Sabtu, 11 Mei 2013

Ketua Panwalu Kampar, Afrizal, S.Ag, selasa malam (7/5) menyaksikan langsung anggota KPU Kampar mena

BANGKINANG-Sesuai dengan jadawal dan agenda yang telah ditetapkan KPU Puat,Selasa (7/5) KPU Kampar melakukan verifikasi kelengkapan admnistrasi daftar calon dan bakal calon legislatife partai politik peserta pemilu 2014 kabupaten Kampar.

Berdasarkan hasil Pleno KPU Kampar, selasa malam di kantor KPU Kampar dinyatakan bahwa keterwakilan perempuan 30 persen sebagaimana yang diamanahkan Undang-undang sudah terisi dan terpenuhi oleh maising-masing partai politik, sesuai dengan format yang telah ditetapkan melalaui peraturan KPU.

Hal itu diungkapkan ketua KPU Kabupaten Kampar, Drs Syafril Abdullah, M.Si, selasa malam (7/5) usai menandatangani hasil pleno KPU terkait verifikasi kelengkapan admnistrasi daftar calon dan bakal calon legislatife partai politik peserta pemilu 2014 kabupaten Kampar.

“Kendatipun keterwakilan perempuan masing maing Parpol sudah terpenuhi, namun semua calon dan bakal calon legislatife masing-masing partai politik peserta pemilu 2014 kabupaten Kampar yang berjumlah 540 calon/bacalon, ternyata tidak memenuhi syarat (TMS) dan belum memenuhi syarat (BMS),” sebut Syafril.

 Tidak memenuhi syarat (TMS) tersebut terutama berkaitan dengan ijazah, KTP dan surat keterangan pengunduran diri, SK pemberhentian dari atasan bagi TNI/Polri, BUMN-BUMD dan Kepala desa yang ikut sebagai Caleg dan Bakal celeg 2014. Sedangkan Belum memenuhi yarat (BMS) rata-rata yang berkaitan dengan leges dokumen persyaratan calon dan bakal calon peserta Pemilu.

“Hasil verifikasi, terungkap 15 Kades, 1 Personil TNI, 1 orang advokasi, 1 orang BUMN dan 1 orang BUMD sebagai caleg-bacaleg peserta pemilu 2014 di Kabupaten Kampar dan dari mereka tersebut belum memenuhi syarat, terutama surat permohonan pengunduran diri, surat keterangan sedang diproses pengunduran diri dan surat pemberhentian dari atasannya.

Hasil verifikasi KPU Kampar ini,  agar cepat dilengkapi dan dipenuhi parpol peserta pemilu, dan KPU akan kirim hasil pleno tersebut kepada Semua Parpol peserta pemilu di Kabupaten Kampar. “Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, rabu (8/5) pukul 14.00 wib, hasi,  verifikasi tersebut sudah dikirimkan kepada 12 Parpol peserta pemilu 2014 di Kampar,” ujarnya.

Kemudian Parpol diberi waktu perbaikan kelengkapan admnistrasi daftar calon dan bakal calon legislatife partai politik peserta pemilu 2014, sesuai dengan tahapannya dan rentang waktunya 9 mei s/d 22 mei 2013 untuk segera dilengkapi. Dan rentang waktu 23 mei s/d 29 mei 2013 atau selama 7 hari KPU kembali melakukan verifikasi hasil perbaikannya.

Selanjutnya setelah diperbaiki, KPU akan menyusun dan menetapkan Daftar calon sementara (DCS) Anggota DPRD Kampar dengan batas waktu 30 mei s/d 12 juni 2013 atau penyusunan dan penetapan DCS ini dengan rentang waktu 14 hari. Dan baru setelah itu DCS diumumkan KPU termasuk keterwakilan perempuan dari tanggal 13 juni s/d 17 juni 2013.

Setelah itu masuk tahapan terkait masukan dan tanggapan mayarakat atas DCS yang telah kita terbitkan dari tanggal 14 juni s/d 27 juli 2013. Dan dilanjutkan dengan klarifikasi masing-masing Parpol terkait masukan dan tanggapan masyarakat terhadap caleg dan bacaleg-nya dengan rentang waktu 28 juni ss/d 4 juli 2013. Diteruskan penyampaian klarifikai Parpol ke KPU Kampar dari 5 juli s/d 18 juli 2013 dan pemberitahuan penggantian DCS  dari 29 juli s/d 25 juli 2013.

Berikutnya sebut Syafril, diteruskan dengan pengajuan bakal calon anggota DPRD Kampar dari tanggal 26 juli s/d 1 agutus 2013 dan melakukan verifikai pengganti DCS anggota DPRD Kampar dari tanggal 2agustus s/d 8 Agustus 2013. “Baru setelah itu dari tanggal 9 agustus s/d 22 agustus 2013 kita melakukan penyusunan dan penetapan daftar calon tetap (DCT) dan setelah itu 23 agustus s/d 25 agustus 2013 KPU mengumumkan DCT tersebut, Ujarnya

Sementara  itu ketua Panwaslu Kampar, Afrizal S.Ag usai menyaksikan prosesi dan penandatanganan hasil pleno KPU tersebut, pihaknya menyampaikan apresiasinya kepada KPU Kampar. “Kita sampaikan apresiasi kita kepada KPU yang bekerja maksimal dalam melakukan verifikasi kelengkapan admnistrasi daftar calon dan bakal calon legislatif partai politik peserta pemilu 2014 di Kabupaten Kampar ini,” akuinya (mr)