Masyarakat Jl. Kembung Berharap Jalan Sudah Dibase

Sabtu, 18 Mei 2013

BENGKALIS.Masyarakat Kembung Luar dan sekitarnya masih menunggu tindak lanjut dari Pemkab Bengkalis atas desakan agar jalan poros di desa tersebut segera diperbaiki. Sampai saat ini belum ada upaya perbaikan yang dikukan, hanya beberapa keping papan yang dijadikan penutup sejumlah lubang yang menganga.

 “Kita akan terus mendesak pemerintah untuk segera memperbaiki jalan poros Kembung Luar ini. Kita akui membangun itu tidak semudah membalik telapak tangan, banyak tahapan dan proses yang harus dilalui, hanya saja proses itu juga menjadi lambat kalau tidak terus diingatkan,” ujar tokoh pemuda setempat, Wahyudi, Senin (13/5).

Menurut informasi yang didapat  Yudi, ada anggaran untuk peningkatan jalan poros Desa Kembung Luar-Teluk Lancar pada tahun anggaran 2013 ini sebesar Rp10 miliar. Yudi lebih sepakat kalau dana tersebut digunakan untuk menimbun atau base jalan poros. Selain agar bodi jalan menjadi lebih kuat, velume penimbunan juga akan lebih banyak ketimbang diaspal atau dicor.

“Lagi pula kalau hanya dibase, kerjanya lebih cepat dibanding dicor atau diaspal. Bagi kami warga kampung, yang paling penting jalan poros ini fungsional saja, bisa dilewati oleh kenderaan roda dua atau empat, tak haru mulus seperti hotmix atau lainnya,” pinta Yudi.

Ia juga berharap pengerjaan bisa dilakukan sebelum lebaran sehingga aktivitas masyarakat tidak terganggu karena kondisi jalan yang rusak. Terpisah anggota DPRD Bengkalis, Sofyan secara pribadi dirinya sudah menemui Kadis Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkalis, HM Nasir, meminta agar jalan poros di Desa Kembung Luar serta desa-desa lainnya yan dianggarkan tahun ini segera dikerjakan.

Memang kata Sofyan seperti disampaikan Nasir, dokumen lelang untuk sejumlah proyek tersebut sudah diserahkan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP), jika sudah selesai proses tender maka akan segera dikerjakan.

 “Menurut Kadis PU yang paling penting jalan poros ini fungsional terlebih dahulu. Artinya, untuk peningkatan jalan poros desa Kembung Luar ini cukup dibase saja dulu, baru setelah itu dicor atau diaspal,” kata Sofyan.

Masih menurut Sofyan, dirinya juga pengerjaan jalan tersebut sudah bisa dikerjakan sebelum lebaran tiba. Minimal jalan-jalan yang megalami kerusakan parah sudah ditimbun dengan base. “Harapan kita ya sebelum lebaran sudah dikerjakan,” tutupnya.(bku)