Syarifuddin: Dewan Dukung Proses Assesment Sekdakab Rohil

Kamis, 06 Oktober 2016

ROHIL-Pemilihan sekretaris daerah di Kabupaten Rohil mendapat apresiasi lembaga legislatif, karena dapat menghasilkan seorang sosok sekda profesional dan bijaksana. Namun demikian, diharapkan berjalanya proses pemilihan tidak menganggu kinerja Pemkab rohil.

Wakil Ketua DPRD Rohil, H Syarifuddin, 

"Intinya, kita tetap mendukung pemilihan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu penilaian kualitas kandidat calon yang akan duduk pada kursi Setda harus kolektif dan memang mencukupi untuk duduk pada posisi Setda. Apalagi, setda sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Daerah (Pemda)," sebut Wakil Ketua DPRD Rohil, H Syarifuddin, belum lama ini, di Bagansiapiapi.

Dikatakan, sebagai unsur pembantu pimpinan pemerintah daerah, dipimpin Sekretaris Daerah sudah tentu sekda bertugas membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah. Sedangkan, dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya, Sekda bertanggung jawab kepada kepala daerah. 

"Artinya dibutuhkan tokoh yang populer di tengah masyarakat dan juga orang yang mahir dalam mengatur administrasi daerah. Makanya, sekda defenitif harus mengetahui norma dan sumpah jabatannya sebagai pejabat daerah yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS)," urainya.

Masih katanya, dengan statusnya itu sudah tentu ia harus berwawasan tinggi, paham mengatur administrasi daerah, memiliki jiwa leader untuk mengatur satuan kerja melalui perintah kepala daerah dan lain sebagainya. Dirinya berharap secepatnya posisi sekda terisi mengingat banyak kegiatan yang sedang dalam proses pekerjaan.(way)