Dinsos Rohil Data Jumlah Orang Gila yang Dipasung

Senin, 06 Maret 2017

kepala dinas sosial dr Junaidi Saleh

ROHIL-Dinas Sosial Kabupaten Rohil tengah melakukan pendataan terhadap orang gila yang dipasung selama beberapa tahun. Langkah awal ini untuk mengetahui jumlah orang yang tidak waras tersebut.

"Masih pendataan berapa jumlahnya, sementara ini masih di kecamatan Bangko dan dilanjutkan nantinya di kecamatan lain," kata kepala dinas sosial Rohil, dr Junaidi Saleh, dikonfirmasi, Senin (6/3/2017), Kemarin.

Kadis menjelaskan tujuan melaksanakan kegiatan pendataan dilanjutkan dengan membawanya ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Panam Pekanbaru. Menurutnya, bertambahkanya jumlah penderita orang strees diduga akibat narkoba dan faktor ekonomi.

"Seperti diketahui banyak di bagan ini yang terjerat kasus narkotika, beberapa diantaranya mengalami gangguan kejiwaan. Nah ini yang akan kita obati dan sudah banyak yang sembuh,"  jelas kadis.

Mantan kadiskes ini menambahkan, tim yang bertugas melakukan pendataan hanya sebatas mengambil dokumentasi. Junaidi berharap keluarga penderita gangguan kejiwaan dapat segera melaporkan ke dinas sosial.