Puskesmas Panipahan Sosialisasi Wujudkan GERMAS

Ahad, 26 Maret 2017

kegiatan sosialisasi GERMAS bersama puluhan bidan di puskesmas Panipahan.

ROHIL-Puskesmas Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir mengelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Kegiatan ini dalam pencapaian kualitas kesehatan ibu dan anak.

"Pertama harus meningkatkan status gizi masyarakat dan mengendalikan penyakit menular dan tidak menular serta meningkatkan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat agar masyarakat hidup sehat dan kuat." kata Kepala Puskesmas Panipahan, dr Hj Netti Juliana, Sabtu (25/3/2017).

Menurutnya, meski menjadi puskesmas terpencil kreteria daerah perbatasan, namun pihaknya berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat sebagaimana layaknya diperkotaan.

"Puskesmas merupakan pelayanan kesehatan primer menjadi tulang punggung pelayanan kesehatan. Dan setiap Fasilitas Pelayanan Kesehatan akan berbeda antar wilayahnya." katanya.

Masih katanya, ada 4 kriteria Fasyankes diantaranya Kondisi geografis dan demografiss, kemampuan fisikal daerah dan individu, Status kesehatan masyarakat dan Perhatian pemda pada pembangunan kesehatan di wilayahnya.

Titik berat pelayanan kesehatan primer adalah promosi kesehatan dan prevalensi yang mendorong meningkatnya peran serta dan kemandirian masyarakat dalam mengatasi berbagai faktor resiko kesehatan.

Upaya Puskesmas Panipahan dari unit ferifer yakni Polindes, Poskesdes, Pustu agar terus berupaya melayani dan mendata semua ibu hamil yang beresiko tinggi dan juga bayi beresiko tinggi, serta memantau status gizi balita baik yang diposyandu maupun tidak.

"Kami sangat berharap angka kematian ibu dan angka kematian anak bisa diminimalisir karena pada tahun lalu terjadi Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi sebanyak 4 kasus. Yang terjadi disudut sudut daerah pesisir ini yang jauh dari fasyankes dan nakes." jelasnya.

Dalam kesempatan itu sebanyak 40 orang lebih bidan desa dikumpulkan dan diberi pembinaan serta bekal blanko pelaporan dan surat tugas agar melaksanakan pendataan didaerahnya masing-masing. Apalagi beban kerja Puskesmas sangalah berat dimana semua program kesehatan harus tercapai 100 persen.

"Kami berusaha maksimal dengan meningkatkan kekompakkan tenaga kesehatan dilingkup wilayah kerja puskesmas panipahan," tegasnya.

Adapun sasaran di Puskesmas Panipahan diantaranya jumlah penduduk lebih kurang 41 ribu,  dan sasaran bayi resti 195 orang, bumil resti 217 orang. Inilah yang akan dicari dan dilakukan Pemetaan wilayah.(way)