Fakultas Hukum UPP Rohul Adakan Pemilihan Siswa Berprestasi

Sabtu, 08 April 2017

Rokan Hulu- Dalam rangka menumbuhkan daya kompetensi sesama mahasiswa untuk berprestasi, Fakultas Hukum Universitas Pasir Pengaraian (FH UPP) menyelenggarakan seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) 2017 tingkat Fakultas Hukum, Kamis (6/4/2017) di Ruang Keadilan FH UPP.

Ketua Panitia Pilmapres FH UPP 2017 Almadison SH MH mengatakan, setelah mendapat Surat Keputusan (SK) dari Dekan Fakultas Hukum UPP tentang Pembentukan Kepanitiaan Pilmapres FH UPP 2017, tahapan selanjutnya dilakukan penunjukan dosen pembimbing dan menyusun tahapan seperti diantaranya tahapan Seleksi Administrasi, Pengumpulan Artikel Ilmiah dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris.

Setelah melalui tahapan seleksi, Jelas Almadison, Panitia Pilmapres tingkat Program Studi Hukum sepakat memilih 5 (lima) Mahasiswa berprestasi tingkat Program Studi Hukum. Mahasiswa yang terbaik ini yaitu Ahmad Zainuri Alumni SMA N 1 Sinunukan Kab. Mandailing Natal Sumatera Utara, Andi Rahman Alumni SMAN 1 Tambusai, Deby Shalehah Alumni SMAN 1 Tanjung Tiram SUMUT, Idris Apriandi Alumni SMAN 1 Kepenuhan Hulu dan Yoga Syahputra Alumni SMAN 1 Rambah Rokan Hulu Riau.

" hasil penyelengaraan Pilmapres FH UPP 2017 ini sudah sesuai rencana dan arahan dari Dekan FH. Kelima mahasiswa terbaik ini nantinya akan melaksanakan tahapan selanjutnya, mereka ini merupakan Mahasiswa semester IV dan VI FH UPP. Semua peserta sudah mengikuti dan melalui tahapan dengan penuh suasana kompetisi sehat dan cerdas". Ungkap Almadison yang juga Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FH UPP

Almadison menambahkan, untuk memilih mahasiswa yang berprestasi dan berkualitas, tiap-tiap peserta akan mempresentasikan artikel ilmiahnya yang dinilai oleh juri yang sudah berkompeten dibidangnya yang melibatkan langsung Dekan FH UPP Zulkifli SH MH, Ketua Program Studi Hukum Rise Karmilia SH M.Hum, Kabag Kemahasiswaan dan Alumni Almadison SH MH, Kabag Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FH UPP Hendri SH MH, Kabag Kewirausahaan dan Keuangan H.Nofrizal, Lc MH, Kabag Dokumentasi dan Laboratorium Hukum Ramses, SH MH serta sebagai moderator Akmal Yusuf, SE staf Administrasi FH UPP.

Salah seorang juri Rise Karmilia, SH M.Hum yang Juga Ketua Program Studi Hukum FH UPP mengakui, pada tahapan sesi Presentasi dan tanya jawab terkait Artikel Ilmiah Mahasiswa ini yang diperesentasikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, kelima finalis terlihat sangat ketat dengan menampilkan keunggulan intelektual yang unik dari masing masing kandidat untuk terpilih sebagai Mahasiswa berprestasi (Mapres) FH UPP 2017.

Berdasarkan keputusan dewan juri yang sudah melakukan tahapan seleksi dan melakukan penilaian dari kelima finalis dalam Pilmapres FH UPP 2017, Andi Rahman berhasil keluar sebagai juara setelah terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi Fakultas Hukum tahun 2017 setelah mengungguli empat peserta lainnya.

Terpilih sebagai mahasiswa Berprestasi Fakultas Hukum, Andi Rahman berhak mewakili FH di tingkat Universitas, selanjutnya akan mengikuti pemilihan tingkat Universitas Pasir Pengaraian yang digelar pada Tanggal 12 April 2017. Jika masih terpilih, selanjutnya akan berkompetisi dengan Mahasiswa berprestasi dari berbagai Universitas di Kopertis Wilayah X hingga mewakili Universitas dan Kopertis ditingkat Nasional.

Andi Rahman Mahasiswa FH UPP Kelahiran Dalu-dalu, Juni 1996 ini mengucapkan puji syukur atas keberhasilannya meraih Mahasiswa berprestasi Fakultas Hukum setelah mengalahkan para pesaingnya yang memiliki kompetensi luar biasa. Untuk mengikuti mahasiswa berprestasi baik tingkat Universitas maupun nasional, dirinya akan berusaha meningkatkan penguasaan materi dan kompetensinya dalam segala bidang.

" saya akan berusaha maksimal untuk meningkatkan penguasaan materi terkait topik yang saya usung, yakni Anti Narkoba dan Communication Skills serta berharap masukan dari rekan-rekan dan para dosen FH sehingga mampu membawa nama besar FH ditingkat Universitas, untuk tingkat selanjutnya mohon do'anya juga". Harap Andi Rahman

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum UPP Zulkifli, SH MH, Sabtu (8/4/2017) mengucapkan apresiasi yang tinggi atas kinerja segenap Panitia dan komitmen dewan juri serta spirit yang dimiliki Mahasiswa Berprestasi tahun 2017 ini.

Selain itu, mantan Ketua Himarohu itu menyampaikan rasa bangganya kepada para mahasiswa yang telah ikut berkompetisi dalam Pilmapres FH UPP 2017. Pilmapres ini sangat penting, karena mahasiswa yang terpilih sebagai mahasiswa berprestasi ini, akan mewakili Fakultas Hukum dalam event yang sama di tingkat UPP.

" kami berharap Mapres tingkat Program Studi maupun Fakultas mampu menginspirasi dan memotivasi rekan-rekannya. Tidak hanya Mahasiswa FH dan UPP tapi juga di lingkungan masyarakat tempat tinggal masing-masing. Kami berharap juga nantinya, Andi Rahman mewakil Fakultas Hukum dalam Pilmapres di tingkat UPP, bisa meraih prestasi yang memuaskan. Tidak menutup kemungkinan wakil dari FH UPP bisa menjadi juara, karena mahasiswa baik dari Fakultas-Fakultas di UPP memiliki kesempatan yang sama untuk menang dalam Pilmapres itu " harap Zulkifli

Sebagai bentuk apresiasi Fakultas Hukum UPP, bagi mahasiswa yang meraih Mahasiswa Berprestasi baik tingkat Program Studi Hukum maupun tingkat Fakultas Hukum akan mendapat uang pembinaan, trophy dan sertifikat. Terkait kapan waktunya akan segera disesuaikan dengan kegiatan Universitas. Rencananya akan diserahkan pada acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum periode 2017-2018 yang akan dihadiri Rektor UPP Dr Adolf Bastian M.Pd dan Wakil Rektor dalam waktu dekat,.(Md)