PT BDB-SMF LATIH REGU PEMADAM KEBAKARAN 10 PERUSAHAAN DI BONAI

Rabu, 10 Mei 2017

Kapolres Rokan Hulu AKBP Yusuf Rahmanto, Plt.Camat Bonai Darussalam, Setyono ,Danramil 10/KDS Kapten Czi.H. Sudarmaji didampingi Public Relations (Humas) PT.AA- SMFG-Riau, Ir. Nurul Huda, MH.,M.Ikom, KaDistrik Jurong PT.BDP. Zulkarnain, menerima penjelasa

Kapolres Rokan Hulu AKBP Yusuf Rahmanto, Plt.Camat Bonai Darussalam, Setyono ,Danramil 10/KDS Kapten Czi.H. Sudarmaji didampingi Public Relations (Humas) PT.AA- SMFG-Riau, Ir. Nurul Huda, MH.,M.Ikom, KaDistrik Jurong PT.BDP. Zulkarnain, menerima penjelasan Alat Sambunesia dari Tim Fire Marshal SMF Perawang

 

Bonai, Rokan Hulu. Untuk menghasilkan tenaga terlatih, minimal melakukan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah sekitar mereka bekerja atau bertempat tinggal, Sebanyak 155 orang peserta dari 10 Perusahaan dan masyarakat Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu mengikuti pelatihan dalam rangka pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla)   yang dilaksanakan oleh Upika Kecamatan Bonai Darussalam yang dipusatkan di PT. Bina Daya Bentala – Sinar Mas Forestry Group (BDB-SMFG) Distrik Jurong sekaligus sebagai Instruktur dalam pelatihan di Desa Bonai selama 2 (dua) hari dari tanggal 9-10 Mei 2017, hal ini dilakukan sebagai bentuk persiapan perusahaan-perusahaan  dalam menghadapi Karhutla ditahun 2017, mengingat Tahun 2016 lalu Kabupaten Rokan Hulu merupakan salah satu daerah yang terjadi Karhutla terutama di kecamatan bonai dengan luas kebarakan terparah di Provinsi Riau,  berdasarkan pengalaman 2016 lalu itu diharapkan tidak terulang kembali. Adapun 10 perusahaan yang ikut dalam pelatihan penanggulangan kebakaran lahan hutan diantaranya, PT. GSI, PT. FIS2. PT. APSL atau ANDIKA, PT.GRAHA, PT. RAS, PT  SSP, , PT. RAKA,  PT. Kebun 36 dan 38 di desa pauh,  dan PT. HUTAHAEAN.

  

Kapolres Rokan Hulu AKBP Yusuf Rahmanto,,Danramil 10/KDS Bonai. Kapten Czi.H. Sudarmaji didampingi Public Relations (Humas) PT.AA- SMFG-Riau, Ir. Nurul Huda, MH.,M.Ikom, KaDistrik Jurong PT.BDP. Zulkarnain, menchek kesiapan Peralatan RPK. PT BDB.(10/05/2017). 

 

Kegiatan Pelatihan Karhutla di Bonai Darussalam selain dihadiri seluruh unsur Upika Kecamatan Bonai, diantaranya Plt, Camat, Setyono, Kapolsek, H. Iptu.H. Ali Amran, Danramil 10/KDS Kapten Czi.H. Sudarmaji, juga langsung di hadiri oleh Kapolres Rokan Hulu AKBP Yusuf Rahmanto, Kepala Distrik BDB-SMF Distrik Jurong Zulkifli, Public Relations (Humas) PT.AA-SMFG, Ir. Nurul Huda, MH.,M.Ikom. Forest Protection Head PT.BDB Distrik Jurong Sokiran. Serta kalangan Pers dan Media.

Kapolres Rokan Hulu AKBP Yusuf Rahmanto, melepaskan tanda kepesertaan pelatihan Karhutla di lapangan distrik jurong PT.BDB. .(10/05/2017).

 

 

Kapolres Rohul, AKBP Yusuf Rahmanto dalam Pengarahan kepada para peserta pada saat Penutupan dan Apel Siaga memberikan arahan (10/05/17):” Karhutla selama ini identik dengan Riau, mengingat Riau berdekatan dengan negara tetangga yang berdampak secara ekonomi, ekologi atau lingkungan, transportasi penerbangan, kesehatan dengan penyakit ISPA akibat kabut asap, pendidikan yang sampai mengganggu proses belajar karena anak sekolah diliburkan. Lahan di Riau sebagian besar adalah lahan gambut yang mempunyai karakteristik, meskipun api diatas permukaan bisa di padamkan , namun dibawahnya api masih bisa menyala. Pada Tahun 2016 lalu di Rokan Hulu karhutla yang terjadi ada dua jenis lokasi lahan yang terbakar, pertama di lahan mineral yaitu Bukit Suligi yang mana konstur tanahnya berbukit dan tebing curam dan mempunyai kesulitan serta tantangan tersendiri jika terjadi Karhutla disbanding lahan gambut.

Kapolres Rokan Hulu AKBP Yusuf Rahmanto, menyerahkan sertifikat kepada peserta pelatihan Karhutla di lapangan distrik jurong PT.BDB. .(10/05/2017). 

 

Saya sangat mendukung pelatihan ini, karena ada tiga sasaran yang akan kita laksanakan, yaitu; Peninggakatan Sumber daya: Pengetahuan ada ketrampilan bagaimana metode pemadaman, Sarana Silaturrahmi dan komunikasi untuk sinergisitas jika terjadi Karhutla serta penyediaan posko-posko untuk informasi, laporan, deteksi dini. Maka kerjasama semua pihak, TNI/POLRI, Pemerintah Daerah, perusahaan dan masyarakat sangat dibutuhkan dan harus kita perkuat.” Demikian Yusuf Rahmanto menyampaikan.

Sedangkan Plt.Camat Bonai Darussalam, Setyono kepada media menyampaikan:”Kami sangat  mengapresiasi kesiapan dari pihak perusahaan dalam menghadapi bencana kebakaran lahan dan hutan terutama dilingkungan perusahaan. sebagai pemetintah kecamatan bonai  tentu sangat mendukung penuh persiapan dari perusahaan tentu jika terjadi sudah bisa diatasi.." Terang Setyono

  

Kapolres Rokan Hulu AKBP Yusuf Rahmanto,,Danramil 10/KDS Bonai. Kapten Czi.H. Sudarmaji didampingi Public Relations (Humas) PT.AA- SMFG-Riau, Ir. Nurul Huda, MH.,M.Ikom, KaDistrik Jurong PT.BDP. Zulkarnain, menchek kesiapan Peralatan RPK. PT BDB.(10/05/2017) 

 

Sementara penyelenggara pelatihan karhutla yang pusatkan di PT.BDB Distrik Jurong Zulkifli didampingi Humas SMFG Nurul Huda mengungkapkan: ”Perusahan PT BDB yang merupakan salah satu mitra pemasok bahan baku kayu untuk pembuat bubur kertas dan kertas kepada PT Arara Abadai-Sinar Mas Forestry selama ini mempunyai komitmen yang yang kuat dalam menghadapi Karhutla di sekitar areal konsesi perusahaan, komitmen itu kami tunjukan dengan Tenaga Regu Pemadam Kebakaran (RPK) yang terlatih dan tersertikasi dari lembaga pemerintah, Peralatan canggih yang sesuai standar yang ditetapkan oleh pemerintah sejumlah 30 orang, diantaranya, situation room monitoring system dengan satelit (real time) yang terintegrasi dengan pusat komando kami di Perawang dan Jakarta, CCTV, tower pemantau api dari alat pemadam pompa kecil sampai besar baik untuk dilahan gambut atau di lahan mineral, sampai dukungan Helicopter Water Bombing dari Group perusahaan Sinar Mas Forestry, dan itu kami buktikan  berdasarkan pengalaman 2016 lalu tidak terulang lagi, dimana Bonai sempat menjadi sorotan  dengan kebakaran terparah dan terbesar di Rokan Hulu, tim RPK PT. BDB didukung Heli Water Bombing SMF serta Satgas Karhutla Riau dari unsur TNI/POLRI dan Pemda turut serta membantu pemadaman karhutla di areal milik perusahaan lain dan masyarakat di Bonai yang bukan areal perusahaan PT BDB, karena Target perusahaan dalam menjalan operasional adalah Zero Fire (nol api/tidak ada api), dan pada 2017 perusahaan PT. BDB target itu tetap kami pertahankan, kesulitan kami selama ini adalah adanya kegiatan claim areal (mencaplok areal perusahaan) lalu melakukan praktek pembakaran di areal claim oleh pihak-pihak tertentu, sehingga perusahaan PT BDB harus memadamkan dan menjelaskan kepada pihak-pihak terkait. Dan pada saat kegiatan ini perusahaan juga memperkenalkan alat pemadam karhutla untuk lahan gambut yang telah kita hak patenkan merupakan temuan serta karya dari karyawan sinar mas, yang kita berinama Sambunesia, yang mana alat pemadamakn ini di pergunakan untuk karhutla di lahan gambut."Ucap Zukifli.

Kapolres Rokan Hulu AKBP Yusuf Rahmanto, Plt.Camat Bonai Darussalam, Setyono, Kapolswek Bonai Darussalam Iptu.H. Ali Amran,Danramil 10/KDS Kapten Czi.H. Sudarmaji, KaDistrik Jurong PT.BDP. Zulkarnain, Foto bersama dengan seluruh peserta Pelatihan karhutla (10/05/2017). 

Sebelum acara penutupan unsur upika Kecamatan Bonai Darussalam melakukan flyover dengan Helicopter untuk memantau lokasi serta melihat keberadaan embung-embung yang dibuat perusahaan, masih banyak di temui yang belum membuat embung-embung air, “kedepan akan kita tegaskan kembali”, kata Setyono ketika ditanya pada saat acara simulasi yang diperagakan oleh peserta.