Peringatan Detik-detik Proklamasi Khidmat

Kamis, 17 Agustus 2017

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin menyerahkan bendera Merah Putih untuk dikibarkan Paskibra.

BENGKALIS-Peringatan ‎Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Bengkalis berlangsung hikmat dan sukses, Kamis (17/8/2017). Sementara masyarakat tampak antusias menyaksikan jalan prosesi pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibra.

Upacara yang dilaksanakan di lapangan Tugu Bengkalis itu dipimpin Bupati Bengkalis Amril Mukminin, selaku inspektur upacara. Tepat pukul 10.00 WIB, sirene dibunyikan selama satu menit, pertanda peringatan detik-detik Proklamasi. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Bengkalis. H Indra Gunawan Eet.

Selang beberapa menit kemudian, Pasukan Pengibar Bendara (Paskibra) yang dipimpin Serda Mes Suparjo selaku Danki pada upacara penaikan bendera Merah Putih, memasuki lapangan upacara.

Setelah sampai di lapangan, selaku pembawa baki bendera Merah Putih, Safira Yasmin menaiki tangga tribun utama. Sesampai di atas Bupati Amril langsung menyerahkan bendera Merah Putih kepada pelajar SMA Negeri 2 Mandau tersebut.

Adapun untuk petugas pengibar bendera  pada upacara penaikan bendera Merah putih yang diikuti ribuan peserta tersebut adalah Nor Irvansyah. Lajang pasangan Hamdan dan Ayanti ini merupakan pelajar SMA Negeri 3 Bengkalis.

Sedangkan untuk penggerek dan pengulur bendera Merah Putih dipercayakan kepada Marriyan Al Fikri SY dan Kurniawan Saputra.

Marriyan Al Fikri SY merupakan pelajar SMK Negeri 1 Rupat, putra pasangan Syafrizal dan Herlianti. Sementara Kurniawan Saputra adalah pelajar SMA Negeri 2 Mandau, putra pasangan Syamsul dan Syamsidar.

Bertindak sebagai cadangan inspektur upacara adalah Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Rizal Faisal Helmi. Sedangkan perwira upacara Kapten Arh Uwin Suharto dan cadangannya  Kompol Afrizal Asri.

Sementara selaku komandan upacara Kapten Inf Muhdoyo Sankoco dan cadangan komandan upacara AKP Noak P Aritonang.

Sedangkan yang bertugas selaku ajudan inspektur upacara adalah Kamaruddin Kamai, staf Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis.

Upacara diikuti para pejabat dan peserta apel, juga dihadiri masyarakat umum. Meski hanya bisa berdiri di pinggir lapangan, mereka tetap antusias mengikuti upacara tersebut dimana Bupati Bengkalis Amril Mukminin bertindak selaku inspektur upacara.

Karena tak diperbolehkan masuk lapangan dan walau cuma bisa berdiri tegak di atas trotoar jalan jenderal Sudirman, mereka dengan penuh hikmat juga mengikuti jalannya upacara.***