Desa Sialang Indah Percontohan Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan

Rabu, 22 November 2017

PELALAWAN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Senin (20/11/2017) memilih Desa Sialang Indah Kecamatan Pangkalan Kuras sebagai Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.Peluncuran Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan diresmikan oleh Bupati Pelalawan HM Harris.

"Program desa sadar jaminan sosial merupakan inovasi dari BPJS ketenagakerjaan untuk bekerja sama dengan aparat desa dalam memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai manfaat dari program BPJS ketenagakerjaan kepada masyarakat pekerja.

Tujuan dibentuknya desa sadar jaminan ketenagakerjaan ini adalah agar masyarakat desa mengenal lebih dekat program-program BPJS ketenagakerjaan, sehingga menimbulkan kesadaran akan pentingnya perlindungan jaminan sosial,"ujarnya.

Dengan program Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan, Bupati Pelalawan mengajak seluruh elemen, baik perusahaan atau pribadi untuk mendukung program pemerintah yakni dengan cara menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan bahwa pada saat ini masih ada masyarakat yang belum paham tentang manfaat BPJS ketenagakerjaan.

BPJS ketenagakerjaan merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi melalui empat programnya yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun. Dengan adanya program desa sadar BPJS ketenagakerjaan ini, dapat merubah masyarakat untuk ikut bergabung dalam program ini.

“Dengan desa sadar jaminan sosial ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat desa akan pentingnya perlindungan jaminan sosial untuk melindungi keluarga. Kegiatan ini sejalan dengan nawacita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo poin 3 yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara dan kesatuan serta poin lima meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan program Indonesia kerja dan Indonesia sejahtera dalam mendorong land reform serta jaminan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia di 2019,” ujar Bupati.

Bupati berharap Desa Sialang Indah sebagai pelopor desa jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Pelalawan dapat menjadi contoh dan menggerakkan desa lainnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kantor Cabang Pelalawan Deni Pane mengatakan bahwa program ini untuk memberikan perlindungan ke seluruh aparatur dan masyarakat Desa Sialang Indah. Hampir semua warga desa tidak mempunyai jaminan sosial ketenagakerjaan. Sedangkan seluruh warga desa yang berusia 17 tahun baik laki-laki atau perempuan adalah pekerja mandiri. Resiko kecelakaan kerja warga desa lebih tinggi dari pada sektor industri, karena sangat tergantung dengan lingkungan alamnya.

"Ya, maka dari itu warga desa sangat memerlukan jaminan sosial ketenagakerjaan. Untuk itu BPJS Ketenagakerjaan membuat inovasi dengan bekerjasama aparat desa untuk memberikan sosialisasi & edukasi tentang manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat,” ujar Deni.

Ditambahkan Deni, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan berarti masyarakat sudah melindungi diri sendiri dan keluarga dari resiko di lapangan.

“Penetapan Desa Sadar Jaminan Ketenagakerjaan merupakan komitmen BPJS Ketenagakerjaan, yakni melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarga, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional," tutupnya. (Advsep)