Bengkalis Aman dari Sarden Bercacing

Rabu, 28 Maret 2018

Disdagkop UKM Riau bersama Disdagperin Bengkalis melakukan sidak ke sejumlah swalayan dan distributor, Rabu (28/3/2018).

BENGKALIS-Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Provinsi Riau bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten melakukan inspeksi mendadak di sejumlah swalayan serta distributor di Bengkalis, Rabu (28/3/2018). Hasilnya, produk sarden kalengan bercacing tidak beredar di Negeri Junjungan.  

Dari sejumlah swalayan dan distributor yang didatangi petugas, tidak ditemukan 3 jenis sarden kalengan yang mengandung cacing, yakni merek Farmerjack, IO dan Hoki. "Dua merek tidak kita temukan, yang ada hanya merk IO, itupun masuknya terakhir Januari," ujar Chandra, PPNS Disdagkop UKM Provinsi Riau. 

Dia menjelaskan, produk sarden merk IO masuk Bengkalis sebanyak 33 karton Januari lalu. Sarden itu disalurkan distributor ke swalayan. "Barangnya terjual, hanya tersisa 13 kaleng. Jadi menurut pernyataan distributor semua sarden kaleng merk itu sudah ditarik kembali, sudah tidak ada lagi," tegas Chandra. ***

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Kabupaten Bengkalis, Raja Arlingga mengungkapkan hal yang sama. Tiga merek sarden kaleng bercacing tidak lagi beredar di Bengkalis. 

 

"Sesuai edaran BPOM itu, 3 merk sarden tersebut sudah ditarik dan tidak lagi beredar saat kita sidak tadi.  Jika masih beredar, kita akan tarik," ucap Raja yang ikut mendampingi petugas Disdagkop UKM di Bengkalis. man