Penjualan PC Komputer akan dikalahkan Tablet pada 2015

Rabu, 29 Mei 2013

Ilusttrasi Tablet Asus

Amerika.Lembaga penelitian pasar, IDC, memperkirakan pengiriman tablet secara global bakal melampaui personal computer (PC) pada 2015, seiring peralihan selera konsumen.

Menurut lembaga yang berbasis di Framingham, Massachusetts, Amerika Serikat itu, seperti dilansir laman Bloomberg, Rabu (29/5), pengiriman tablet diproyeksikan tumbuh 45 persen dari tahun ini untuk menembus 332,4 juta unit pada 2015, di atas proyeksi untuk PC, yakni sebesar 322,7 juta unit.

Tahun ini, IDC memproyeksikan pengiriman PC kemungkin melorot 7,8 persen, penurunan tahunan terburuk sepanjang sejarah. Angka tersebut merupakan revisi dari proyeksi IDC sebelumnya, yakni penurunan 1,3 persen.

Lebih simpel, terjangkau dan didukung ratusan ribu aplikasi, tablet mulai menggantikan PC sebagai alat utama bagi konsumen untuk memeriksa e-mail, berselancar di dunia maya serta mengakses musik dan film.

Dalam tiga tahun sejak Apple Inc memperkenalkan iPad, tablet murah yang dijalankan sistem operasi Android milik Google Inc bermunculan, sehingga mendorong pertumbuhan yang lebih cepat.

“Bagi sebagian besar konsumen, tablet merupakan solusi sederhana dan elegan sebagai perangkat inti yang sebelumnya ditangani oleh PC,” ucap Ryan Reith, analis dari IDC.

IDC mengatakan harga jual rata-rata tablet di seluruh dunia turun sebelas persen menjadi US$381 pada tahun ini, dan terus menurun karena konsumen lebih memilih mesin yang lebih kecil seperti iPad mini, dan sejumlah perangkat yang diproduksi pesaingnya, seperti Samsung Electronics Company dan Amazon.com Inc.

Pada 2017, menurut IDC, sekitar 333 juta PC akan dijual di seluruh dunia, sedangkan pengiriman tablet diperkirakan mencapai 410 juta unit. IDC, yang sebelumnya memperkirakan peningkatan volume PC secara bertahap pada 2014, saat ini memproyekikan bahwa pasar akan berkontraksi 1,2 persen tahun depan. Pengiriman tablet, diperoyeksikan IDC, juga bakal melampaui laptop pada tahun ini.

IDC mengatakan proyeksi tersebut meliputi pengaruh dari sistem operasi anyar milik Microsoft Corporation, Windows 8, yang diperkenalkan Oktober lalu. Perangkat lunak itu dirancang agar bisa digunakan pada perangkat touch-screen dan tablet, yang bertujuan guna membantu pabrikan PC untuk bersaing dengan perangkat mobile, yang mulai mengambil fungsi PC dalam kehidupan sehari-hari.

Hewlett-Packard Company dan Dell Inc berupaya untuk memperluas kehadiran mereka di pasar tablet guna mengatasi penurunan permintaan terhadap desktop tradisional dan PC notebook.

“Banyak pengguna yang menyadari bahwa kegiatan komputasi sehari-hari, seperti mengakses Web, terhubung ke media sosial, mengirim e-mail, serta menggunakan berbagai aplikasi, tidak memerlukan banyak daya komputasi atau storage lokal,” tutur Loren Loverde, analis dari IDC.(bk.1)