Tokoh Pers Riau Moeslim Roesli Wafat

Rabu, 29 Mei 2013

PEKANBARU - Kalangan pers di Provinsi Riau, kehilangan seorang tokoh penting, yakni Moeslim Roesli. Pria kelahiran Kisaran, Sumatera Utara, 13 Juli 1935 itu meninggal dunia pada pukul 01.40 WIB di RS Ibu Sina Pekanbaru, Rabu (29/5).

Moeslim Roesli meninggalkan empat orang anak dan sembilan cucu, sedangkan isterinya Tati Moeslim sudah lebih dulu meninggal dunia pada 2010.

"Bapak sebelumnya sudah sempat dirawat 11 hari di rumah sakit, ternyata beliau terserang stroke dan sebelumnya juga sudah sakit jantung," kata Sandri Kartini, putri almarhum kepada pers.

Sandri mengatakan dirinya menemani Moeslim sebelum akhir hayatnya. Ia mengatakan, pesan terakhir dari almarhum Moeslim adalah ingin dikebumikan di Pekanbaru.

"Bapak cuma pesan kalau meninggal minta dikebumikan di sini (Pekanbaru), jangan dibawa pulang ke kampung, karena ia ingin berakhir di kota ini," katanya.

Salah seorang wartawan senior, Ridar Hendri mengaku sangat kehilangan sosok guru dan pembimbing yang santun. Ia mengenal H Moeslim Roesli, ketika beliau masih menjabat Superintendent (Kepala Departemen) Humas PT Caltex Pacific Indonesia (PT CPI), awal 1988.

"Saya  Ketika itu saya masih koresponden Harian Suara Karya Jakarta. Hubungan kami intensif, PT CPI adalah costumer strategis Suara Karya. Dan interaksi saya selaku wartawan dengan Moeslim Roesli selaku Humas, menjadi sangat penting," katanya.

Tahun 1988 juga H Moeslim Roesli memang pindah menjadi Superentendent Hubungan Pemerintah PT Caltex. Tapi interaksinya dengan pers di Riau tak terputus. Di setiap kegiatan tahunan yang  diselenggarakan PT CPI untuk wartawan, H Moeslim Roesli tetap tidak pernah absen.

Ini tentu tidak mengherankan, karena latar belakang kehidupan H Moeslim Roesli adalah wartawan. Tahun 1956 Moeslim telah menjadi Redaksi Harian Nyata yang terbit di Bukittinggi. Bahkan sampai akhir hayatnya, dia masih menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Warta Promosi Riau.

Setelah pensiun dia bergabung lagi dengan PWI Riau dan dengan sabar bersosialisasi dengan para wartawan muda. Kehadirannya diterima dengan baik. Bahkan, di PWI Cabang Riau, Moeslim Roesli sempat menerbitkan dua buku: Menerobos Mitos: Seabad Pers Riau dan Nekat Membawa Rahmat, keduanya tahun 2005. (suma)