Disdagperin Taja Lomba Desain Tenun Bengkalis

Senin, 24 Agustus 2020

Plh Bupati Bengkalis Bustami HY membuka perlombaan Desain Busana Tahun 2020 tingkat Kabupaten Bengkalis, Senin (24/8/2020).

BENGKALIS-Plh Bupati Bengkalis Bustami HY membuka perlombaan Desain Busana Tahun 2020 tingkat Kabupaten Bengkalis yang ditaja Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis di Pendopo Wisma Daerah Sri Mahkota Kabupaten Bengkalis, Senin (24/8/2020).

Kegiatan diikuti 22 peserta dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis dengan mengangkat tema "Menjadikan Tenun Bengkalis Sebagai Salah Satu Ikon Daerah Yang Mendunia Dengan Sentuhan Inovasi dan Kreatifitas Desain Menjadi Sesuatu Yang Bernilai Tinggi".

Dalam arahannya Bustami HY sangat mengapresiasi digelarnya perlombaan desain busana, kegiatan ini selain sebagai upaya untuk melestarikan busana khas tenun melayu khususnya di Kabupaten Bengkalis juga sebagai wacana untuk mempromosi produk tenun di kancah nasional.

"Melalui lomba ini diharapkan kita bisa banyak belajar, bagaimana berbusana yang baik sesuai dengan etika dan norma, namun tetap memperhatikan nya tanpa meninggalkan bagaimana tata cara berbusana yang baik dan benar, Jika hal ini digabungkan tentu akan sangat menguntungkan, karena dapat meningkatkan perekonomian daerah serta dapat meningkatkan kesejahteraan pengrajin dan desain tenun Bengkalis," tegasnya.

Lebih lanjut Bustami menegaskan jadikan ajang lomba desain busana ini sebagai Tukar Menukar motif, inspirasi sesama desainer agar tercipta kreatifitas yang baru.

"Kepada peserta lomba desain busana, khususnya para pelaku industri sandang untuk memanfaatkan kegiatan tersebut seoptimal mungkin, terus lakukan inovasi kekinian dengan tidak meninggalkan kearifan lokal, karena dengan adanya inovasi bagi desain busana akan memberikan peluang bagi SDM masyarakat," ungkap Bustami.

 

Hadir Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Bengkalis Rudi ananta Wijaya, Asisten I Bidang Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Umi Kalsum, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bengkalis Indra Gunawan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis Raja Arlingga, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Ismail, Plt. Balitbang Kabupaten Bengkalis Dahen Tawakal, Camat Bantan Sufandi, Ketua DPH LAMR Kabupaten Bengkalis Sofyan Said dan tamu undangan lainnya.***