Daftar Online Ditunda, SMKN3 Bengkalis Buka Pendaftaran Manual

Rabu, 16 Juni 2021

Pendaftaran secara manual di SMKN 3 Bengkalis,

BENGKALIS-Mempermudah calon siswa mendaftar, SMKN 3 Bengkalis menginisiasi pendaftaran secara manual. Sekolah berinisiatif membantu pendaftaran online yang akan dilakukan siswa saat website PPDB Dinas Pendidikan sudah bisa digunakan.

Sejak Senin (14/6/2021), sebanyak 70 berkas calon peserta didik baru diterima pihak sekolah. Menurut Kepala Sekolah SMKN 3 Bengkalis Kusno, Selasa (15/6/2021), dari jumlah ini calon peserta didik baru yang mengantarkan berkas terbanyak pada hari Senin.

“Total peneriman berkas pada Senin kemarin mencapai 50 siswa, sedangkan hari ini sedikit berkurang baru 20 berkas yang mendaftar,” ujarnya.

"Sepertinya memang mengalami penurunan, karena sebagian calon peserta didik baru sudah mengetahui adanya penundaan PPDB online dari Dinas Pendidikan Provinsi," terang Kusno.

"Kemarin masih banyak yang tidak tahu, makanya banyak yang datang ke sekolah dan kita bantu untuk pemberkasannya," sambung Kusno.

“Yang daftar hari ini, kita akan uploadkan data mereka saat pendaftaran online, sehingga para calon peserta didik dan orangtua tidak perlu repot lagi mendaftar online, kita yang bantu," terangnya.

Meskipun nanti ada calon peserta didik tidak mendaftar secara manual, mereka tetap bisa mendaftar secara mandiri jika website PPDB sudah bisa digunakan.

Mengunggah sendiri data dan persyaratan mereka saat mendaftar dan tidak perlu datang ke sekolah. "Sebenarnya pendaftaran mandiri, tetapi kita berkaca dengan pendaftaran tahun sebelumnya," terangnya.

"Masih banyak siswa atau orangtua siswa yang kebingungan mendaftar online, makanya kita buka pendaftaran manual ini guna mempermudah mereka," tambahnya.

Menurut dia, pendaftaran secara manual ini fokus mengumpulkan data calon peserta didik. Data yang dikumpulkan nanti disusun sesuai dengan jurusan yang mereka pilih.

"Saat website sudah dibuka kita akan uploadkan data mereka. Setidaknya ada tiga operator yang kita siapkan untuk pengumpulan data dan upload berkas calon peserta ini sesuai dengan masing masing jurusan yang dipilih," tambahnya.

Untuk penerimaan manual ini tidak ada ketentuan syarat nilai untuk mereka yang mendaftar. Untuk nilai akan dilakukan perangkingan saat online nanti.

"Sistem langsung yang akan melakukan perangkingan bukan kita, kita hanya mengupload data saja," terangnya.

Sekolah memiliki kuota sebanyak 144 orang siswa. Siapapun yang mendaftar akan ditampung oleh pihak sekolah, sementara hasil akhir kelulusan masuk atau tidaknya di SMK ini akan ditentukan dari rangking yang ditetapkan sistem online.***