Bupati Bengkalis: Percepat Serapan Anggaran

Senin, 21 Juni 2021

Bupati Kasmarni memimpin rapat evaluasi realisasi fisik dan keuangan APBD Kabupaten Bengkalis 2021, Senin (21/6/2021).

BENGKALIS-Bupati Bengkalis, Kasmarni meminta seluruh perangkat daerah (PD) agar mempercepat penyerapan anggaran dan pelaksanaan fisik. Terlebih PD yang mengelola Dana Alokasi Khusus (DAK).

Permintaan tersebut disampaikan Bupati saat memimpin rapat evaluasi realisasi fisik dan keuangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis 2021.

Rapat yang dihadiri seluruh kepala PD itu dilaksanakan di ruang rapat Hang Tuah, Kantor Bupati Bengkalis, Senin (21/6/ 2021).

"Harus menjadi perhatian bagi PD yang mengelola DAK, sebab kegiatan ini masuk dalam monitoring sistem perbendaharaan dan anggaran negara, yang merupakan syarat penyaluran DAK," pesan Kasmarni.

Selain mendorong mempercepat serapan anggaran dan pekerjaan fisik, Bupati juga mengintruksikan agar PD memperhatikan pembangunan berskala prioritas.

"Kami juga berharap kegiatan yang akan dilaksanakan selain berskala prioritas juga harus mengacu dengan visi misi dan delapan program unggulan," pesannya.

Bupati juga berpesan agar kepala PD selalu berkoordinasi dengan pimpinan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban. Sebelumnya, Sekretaris Daerah Bustami HY mengatakan salah satu kendala dalam optimalisasi serapan anggaran adalah pandemi Covid-19, yang mengakibatkan adanya kebijakan pemerintah untuk melakukan refocusing anggaran.

Terkait serapan anggaran, dilaporkan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah, Asnurial untuk sub kegiatan gaji dan tunjangan per 31 Mei 2021, fisik mencapai 39.55 persen sedangkan keuangan 28.27 persen.

Sedangkan sub kegiatan non gaji dan tunjangan per 31 Mei 2021, laporan fisik mencapai 23.27 persen sedangkan keuangan 16.98 persen.

Sementara sub kegiatan gabungan per 31 Mei 2021, fisik 24.51 persen sedangkan keuangan mencapai 20.79 persen.***