Sejumlah Wilayah Terendam Banjir, Antisipasi Semakin Parah, Ini yang Dilakukan Pemkab Bengkalis

Selasa, 13 Juli 2021

Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso meninjau banjir di Desa Senggoro, Senin (12/7/2021).

BENGKALIS–Dalam beberapa terakhir ini curah hujan cukup tinggi sehingga membuat sejumlah wilayah di Pulau Bengkalis terendam banjir. Guna mengantisipasi banjir semakin parah, Pemkab Bengkalis mengerahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membersihkan gorong-gorong.

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso langsung memimpin gerakan membersihkan gorong-gorong bersama tim kebersihan dari DLH Kabupaten Bengkalis, Senin (12/7/2021).

Bagus tak segan-segan masuk dan turun ke dalam genangan banjir untuk membersihkan sampah yang menyumbat air di gorong-gorong, bahkan Wabup berjalan kaki menyisir banjir di Desa Senggoro Kecamatan Bengkalis yang menjadi salah satu tempat langganan banjir di Pulau Bengkalis.

Tingginya pun mencapai betis orang dewasa hingga menyebabkan masuknya ke rumah-rumah warga.

Aksi cepat tersebut dilakukan spontan oleh orang nomor dua di Negeri Junjungan itu kala melewati Desa Senggoro, Bagus Santoso langsung mengerahkan tim kebersihkan DLH untuk melakukan pembersihan.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga menyabangi sejumlah warga guna mengingatkan agar menjaga kebersihan lingkungan.

Dikatakan salah seorang warga Jalan Bantan RT004 RW005, Idrus, wilayahnya sering menjadi langganan banjir disebabkan tersumbatnya drainase oleh sampah rumah tangga.

“Selain itu pak, parit di sini kecil-kecil, jadi air tidak berjalan lancar karena tersumbatnya itu tadi,” ujar Idrus.

Penyebab lainnya, karena sejumlah pedagang menutupi gorong-gorong untuk membangun warung sehingga membuat penyumbatan dibawah gorong-gorong.

"Masalah tertutupnya gorong-gorong oleh bangunan para pedangan ini, nanti akan kita minta dinas terkait untuk segera menertibkannya," tegas Wabup.

Dikatakan Wabup permasalahan sampah tidak bisa hanya mengandalkan petugas kebersihan, karena tidak akan cukup. Untuk itu masyarakat harus sadar dan harus peduli terhadap penanganan sampah.

Sekretaris BPD Desa Senggoro Iskandar Izhar turut menyuarakan pendapatnya dihadapan Wabup, bersama masyarakat dirinya siap melakukan aksi bersih-bersih.

“Kami juga akan melakukan aksi bersih-bersih nantinya pak. Insyaallah ini secepatnya akan kita lakukan bersama masyarakat setempat,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah DLH Bengkalis Muhammad Saleh menyampaikan kesiapan DLH untuk mengirimkan petugas beserta alat guna berpartisipasi bersama masyarkat membersihkan lingkungan.

Atas terjadinya banjir di sejumlah wilayah di Pulau Bengkalis ini, Wabup meminta sejumlah perangkat daerah untuk tanggap meminimalisir segala kemungkinan yang ada.

“Mari bersama warga kita bersihkan lingkungan kita masing-masing. Saya berharap Dinas Lingkungan Hidup, PUPR, BPBD untuk segera mengantisipasi agar tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat,” harapnya.***