Dumai Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai Dada Orang Dewasa

Kamis, 28 Oktober 2021

Warga Bumi Ayu RT 01 Kota Dumai mengungsi ke rumah kerabat akibat banjir yang menggenang wilayah tersebut, Kamis (28/20/2021). (Foto: Pekanbaru.tribunnews.com)

DUMAI-Kota Dumai, Riau mulai tergenang banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi. Di antara wilayah yang cukup parah tergenang adalah Kelurahan Bumi Ayu dan Bukit Datuk. Hujan deras yang mengguyur Kota Dumai dalam tiga hari belakangan ini membuat puluhan rumah di RT 01 Kelurahan Bumi Ayu terendam air, Kamis (28/10/2021).

Akibat banjir yang merendam rumah warga di RT 01 Kelurahaan Bumi Ayu membuat warga mengungsi ke rumah rumah kerabat. Mereka juga harus gerak cepat menyelamatkan mengamankan barang dan dokumen berharga.

Muhammad Syukur, termasuk satu dari sekian warga RT 01 Bumi Ayu yang terpaksa harus mengungsi ke rumah keluarga, akibat banjir merendam rumahnya pada hari ini.

Ia mengungkapkan, bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda, air semakin tinggi dan telah merendam rumahnya sehingga membuat keluarganya harus mengungsi ke rumah orang tua.

"Kondisi air sudah semakin tinggi, makanya saya mengungsi ke rumah orang tua yang Alhamdulillah nggak terkena banjir," ujarnya seperti dilansir Pekanbaru.tribunnews.com. 

Diungkapkannya, banjir tahun ini luar biasa tinggi akibat  hujan yang deras mengguyur Dumai beberapa hari belakangan.

Syukur menerangkan, awalnya air yang menggenang hanya setinggu lutut. Namun hari iniair sudah hampir sedada orang dewasa. Kondisi tersebut membuatnya harus mengungsi. "Kalau tak ngungsi kita takut hewan melata saja bang, apalagi buaya yang memang habitatnya ada di lingkungan kami, jadi ya harus ngungsi," sebutnya.

Ia berharap kepada pemerintah untuk meninajau sekaligus memberikan support kepada warga, sebagai penyemangat.

"Kita berharap pemerintah turun lah melihat keadaan kami, karena banjir sudah merendam rumahnya, walaupun kondisi ini sudah sering terjadi," harapnya.***